Antisipasi Hoax Corona di Medsos, Polresta Jayapura akan Lakukan Patroli Cyber

Kapolresta Jayapura, AKBP Gustav Urbinas/Cholid

JAYAPURAwartaplus.com - Antisipasi penyebaran informasi Hoax virus Corona di media sosial, Polresta Jayapura Kota akan melakukan patroli Cyber yang dibantu oleh tim Cyber Polda Papua. 

Hal ini diungkapkan Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH.,S.IK.,M.Pd usai mengikuti rapat koordinasi bersama Pemerintah Kota Jayapura untuk menyikapi masuk dan menyebarnya Covid 19 (Virus Corona) dikota Jayapura. Senin (16/3). 

"Kasus Virus Corona makin marak di belahan dunia maupun di Indonesia, hal ini membuat kekhawatiran berlebihan bagi sebagian masyarakat termaksud di Kota Jayapura, dimana penyebaran informasi hoax yang sangat cepat di media sosial mengenai masalah ini, menambah kepanikan warga Kota Jayapura, " ujarnya. 

Lanjutnya Gustav, dalam rapat salah satu poin yang  dibahas adalah penegakkan hukum terhadap penyebar berita hoax terkait virus Corona (Covid 19).

"Terkait berita hoax, kami bersama Polda Papua sudah bekerjasama melakukan patroli Cyber di medsos, jika ditemukan akan dilakukan pembinaan ataupun tindak sesuai hukum yang berlaku serta meminta pertanggung jawaban pihak yang menyebarkan informasi hoax, " tegasnya. 

Pihaknya juga meminta kepada semua pihak terutama pengguna media sosial agar lebih bijak dalam menyebarkan informasi mengenai virus corona

Gustav juga mengharapkan agar oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,  tidak memanfaatkan isu Corona. "Kami minta masyarakat percayakan penanganan masalah ini kepada pemerintah kota jayapura," tegasnya lagi

Saat ini, lanjut Gustav, Pemerintah sedang bekerja dengan menggandeng Stakeholder terkait dalam penanganan penyebaran Covid 19 (virus Corona) di Kota Jayapura.**