Pendaftaran Bintara Noken Polri Membludak

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH/Humas Polda Papua

JAYAPURA,wartaplus.com-Jumlah animo peserta calon siswa yang mendaftar Penerimaan Bintara Noken Polri tahun 2020 sebanyak 2407 peserta. Dalam kesempatannya Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH  menyampaikan, sebanyak 2407 Animo peserta terdiri atau berasal dari Orang Asli papua (OAP) daearah pesisir berjumlah 2166 dan OAP daerah pegunungan berjumlah 241, semuanya akan dilakukan seleksi awal dimasing-masing kabupaten/Kota.

Para peserta seleksi bintara Noken Polri tersebut akan melakukan seleksi awal terlebih dahulu di masing-masing wilayah, dengan kata lain agar para peserta yang berasal dari kabupaten lain yang belum memiliki Polres Seperti Kab. Nduga bisa ke kabupaten Induk yaitu Kabupaten Jayawijaya.

Setelah dinyatakan lulus nantinya mereka akan di didik selama dua bulan itu untuk memberikan pembekalan tentang nasionalisme, wawasan nusantara dan mereka akan digabungkan dengan penerimaan bintara Polri Regular pada setelah dua bulan berikutnya. “Jadi intinya mereka mendapat tambahan pendidikan selama dua bulan setelah dinyatakan lulus sembari menunggu penerimaan bintara Polri Regular sedang melaksanakan Seleksi,”ujar Kabid Humas, Selasa (25/2).

Untuk Polda Papua sendiri memiliki Kuota Bintara Noken Polri Berjumlah 127 orang sedangkan untuk Polda Papua barat 126 orang dan meraka akan di didik bersama-sama di SPN Polda Papua.

Penerimaan Bintara Noken Polri ini merupakan kebijakan langsung dari Kapolri untuk dapat mempertimbangkan situasi dan kondisi masyarakat Papua itu sendiri, karena 127 orang ini adalah orang terpilih dari banyaknya pendaftar yang terakomodir dari masing-masing Polres jajaran yang dikumpulkan dan diseleksi oleh Biro SDM Polda Papua.

“Ini semua dilakukan demi tercapainya Kuota 70% orang asli Papua ini yang menjadi pertimbangan karena beberapa kali kita laksanakan seleksi regular penerimaan Bintara Polri kita sudah siapkan 70% untuk kuota masyarakat asli papua tapi faktanya tidak sampai,”ungkapnya.

Penerimaan Bintara Noken Polri ini untuk yang telah lulus sekolah SMA, SMK dan sederajat lainnya, dan untuk kepada adik-adik yang masih sekolah masih bisa berskesempatan untuk mengikuti Seleksi Bintara Polri Regular beberpa bulan kedepan nantinya. *