Menpora Minta Pemprov Papua dan Media Gaungkan Perhelatan PON XX

Menpora, Zainudin Amali / Djarwo

JAYAPURA, wartaplus.com - Perhelatan pesta olahraga terbesar di Indonesia, PON XX yang akan digelar di Provinsi Papua tinggal menyisakan 248 hari lagi. Untuk itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali meminta agar pemerintah provinsi Papua dan media massa gencarkan promosi dan publikasi PON XX. 

Pasalnya, ia menilai gaung PON XX di Papua belum terlalu terasa. Menurutnya, event sekelas PON XX ini sudah harus digencarkan sejak jauh hari.

"Saya dan pemerintah berharap gaung pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua semakin gencar. Semoga media juga bisa ikut berandil," ujar Menpora kepada wartawan belum lama ini.

Sebelumnya, Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta juga menyarankan agar Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Kota yang menjadi cluster penyelenggaraan PON XX sudah harus melakukan branding bertema PON XX pada setiap venue yang telah selesai dibangun.

Tujuannya, agar masyarakat bisa merasakan euforia dan atmosfer penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan itu di Bumi Papua.

"Kami berharap kepada teman-teman di Pemerintah Provinsi Papua dan kabupaten kota agar di setiap venuenya untuk segera dibranding, biar masyarakat tidak hanya mengenal gedung yang sudah berdiri gagah tapi juga simbol-simbol terkait PON sudah menempel di gedung itu, supaya orang tahu kalau itu adalah arena yang akan digunakan pada PON nantinya," ujar Raden.

"Agar orang yang datang ke Papua pun bisa merasakan aura PON. Bisa dengan spanduk, baliho ataupun slogan-slogan apa saja. Ini harus dimulai dan dipasang pada gedung venue yang sudah selesai, karena memberikan informasi PON kepada masyarakat jangan ditunggu pas mau pembukaan, tapi dari sekarang harus segera dipublikasikan untuk menyampaikan bahwa fisik hingga panitia penyelenggara telah siap," pungkasnya.**