Seratus Anak Muda Papua Siap Dilatih Menjadi Pemimpin Masa Depan

Pendiri Yayasan Lima Sila, Komarudin Watubun, bersama Walikota Jayapura, Banhur Tomi Mano saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kota Jayapura/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com, - Guna menciptakan generasi muda yang handal dan terampil untuk menjadi pemimpin di masa depan, Yayasan Lima Sila akan menggelar pelatihan bagi 100 anak-anak muda di Kota Jayapura yang dimulai  7 hingga 9 Februari 2020.

Pendiri Yayasan Lima Sila, Komarudin Watubun, mengatakan, di era milenial saat ini, diperlukan generasi muda yang jujur, baik dan memiliki integritas diri. Oleh karena itu, pihaknya ingin melatih anak-anak muda di papua menjadi pemimpin di masa depan.

Menurutnya, seorang pemimpin perlu memiliki tiga hal penting, yakni jujur, disiplin dan integritas.

“ Latihan kepemimpinan ini dititik beratkan pada tiga hal, yang pertama pemimpin itu harus bisa membedakan hal baik dan buruk, bisa membdekana salah dan benar, indah dan tidak indah. Yakni logika, etika dan estetika,” katanya kepada wartawan di Kota Jayapura, Kamis (6/2) sore.

Hal kedua, yakni latihan intelijen atau informasi. Menurutnya, dengan latihan intelejen maka anak-anak muda bisa membuat keputusan berdasarkan informasi, karena tanpa informasi ia akan membuat keputusan yang suka-suka.

“ Di era saat ini, informasi itu sangat penting, oleh karena itu kita akan melatih anak-anak muda ini untuk membuat keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh. Jangan sampai kemampuan terbatas dan tidak mau dengar orang akhirnya mengambil keputusan berujung malapetaka,” terangnya.

Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan ini mengaku, dalam pelatihan ini pihaknya akan memberikan materi sebanyak 20 persen teori, sementara delapan puluh persen outbond.

“ Akan ada penanaman pohon, karena kepemimpinan harus menyatu dengan alam. Problem dunia saat ini adalah masalah lingkungan, jadi harus diajar dari kecil bahwa menanam pohon itu baik bagi kehidupan. Bahwa alam itu baik kalau lingkungan itu dijaga,” cetusnya.

Ditempat yang sama, Walikota Jayapura, Banhur Tomi Mano menyampaikan dukungan penuh untuk kegiatan ini. Ia mengaku bahwa kegiatan akan diikuti oleh 100 anak-anak dari SD, SMP dan SMA di Kota jayapura ini.

“ Kita sebagai tuan rumah mendukung penuh pembinaan anak-anak muda secara berkelanjutan di Papua, khususnya Kota Jayapura. Saya menyambut dengan baik dan saya juga akan masukan dalam APBD Kota Jayapura untuk dilakukan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Walikota berharap agar anak-anak yang dilatih ini suatu saat bisa berhasil dan menjadi pemimpin di masa depan.

“ Harapan kita agar bisa mempersiapkan anak-anak ini menjadi pemimpin masa depan dengan memilki moral dan etika yang baik. Kita berharap dari 100 ini bisa ada 10-20 orang yang akan menjadi pemimpin yang visioner yang membawa perubahan bagi orang banyak,” harapnya.**