Tim Catur PON Papua Raih Medali Pertama Kejurnas 

Atlet Catur Papua yang berhasil mendapatkan medali dalam Kejurnas di Ambon/Istimewa

AMBON -Tim Catur Papua yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang sukses meraih medali perunggu di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang digelar di Kota Ambon, pada 25 - 31 Oktober. Medali tersebut adalah medali pertama yang didapat oleh tim catur Papua selama keikutsertaan di Kejurnas. Medali perunggu itu diraih oleh Alia Sekar Kinarsih Master Fide di Kelompok A Putri. 

Pelatih Tim PON Catur Papua, Ventje Ropa mengatakan, keberhasilan atlet catur Papua dikelompok putri meraih medali perunggu, patut disyukuri. 

“Selama ajang Kejurnas digelar, ini baru pertama kali Papua meraih medali. Jelas ini sejarah baru, diharapkan  menjadi kebangkitan catur Papua,” ujar Ventje, Kamis (31/10).

Dengan keberhasilan mendapatkan medali di ajang Kejurnas, tim Catur PON Papua lantas akan menargetkan mendulang medali di ajang PON XX tahun 2020 mendatang.

"Tim catur yang diterjunkan di Kejurnas Ambon adalah tim yang dipersiapkan untuk PON di Papua. Semoga dengan raihan medali ini memompa semangat seluruh atlet catur kita mendulang medali sebanyak-banyak di PON mendatang, apalagi kita menjadi tuan rumah,” kata Ventje. 

Sementara itu, Asisten Pelatih Tim PON Catur Papua, Banjir Ambarita mengatakan, Kejurnas Ambon sebagai turnamen pemanasan atau bagian dari try out selama pelaksanaan TC terpusat. "Ini adalah bagian dari persiapan kami untuk menjalani pemusatan latihan," ujar Banjir.

Di ajang Kejurnas tersebut, tim PON catur Papua menurunkan 6 atletnya yakni putri, Alia Sekar Kinarsih Master Fide, Rida Mutiani Wanita Nasional Master, Ivana Lasama Wanita Master Nasional dan putra Albert Mebri, Jems Ririhena dan Ilarius. 

Albert Mebri pecatur asli Papua berhasil memperbaiki rankingnya. Ia meraih poin 5 pada Kejurnas kali ini. Untuk meraih poin lima, Mebri menaklukan seorang pecatur bergelar Master FIDE dan Master Nasional. Dan pada klasmen akhir, Albertmenduduki ranking 12 Indonesia. 

Pada ajang Kejurnas Catur di Ambon juga digelar Rapat Kerja Nasional Percasi. Pada kesempatan itu Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto menanyakan kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON. 

“Dalam Rakernas, Ketua Umum menyinggung kesiapan Papua sebagai tuan rumah perhelatan PON, dan Papua sudah siap terutama untuk Cabor Catur,” pungkas Banjir yang juga selaku Sekum Percasi Papua.*