Situasi di Wamena Telah Pulih, Kapolda Imbau Pengungsi Untuk Kembali

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab menyapa warga Kota Wamena/ Istimewa

WAMENA-Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, melaksanakan kunjungan kerja ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Kamis (17/10) siang.

Dalam kunjungan kerja ini, kapolda dan pangdam melaksanakan patroli keliling Kota Wamena menggunakan kendaraan bermotor dengan route jalan bhayangkara, jalan trikora,  jalan hom – hom, dan jalan trans Wamena-Jayapura.

Dalam patroli ini, kapolda dan pangdam memantau langsung situasi kota wamena dengan mengunjungi pasar, sekolah, kantor pemerintah dan sejumlah fasilitas umum, serta berdialog dengan warga setempat di jalan-jalan Kota Wamena.

Seusai memantau langsung situasi di Wamena, Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, mengatakan bahwa situasi di Wamena pasca kerusuhan sudah pulih. Warga sudah beraktivitas seperti biasa.

“ Dari patroli yang kita lakukan siang ini bersama pandam tampak ekonomi sudah jalan, aktivitas jual beli di pasar, pertokoan, kantor pemerintah dan sekolah sudah kembali beraktivitas dengan normal,” katanya kepada Wartawan di Wamena, Kamis (17/10) siang.

Kapolda menghimbau para pengungsi yang masih ada di Jayapura maupun daerah asal segera kembali agar sama-sama membangun perekonomian di Wamena.

“ Situasi saat ini sudah kembali aman dan kondusif. Kita himbau kepada warga yang masih mengungsi untuk segera kembali karena sudah pulih,” ajaknya.

Kapolda menegaskan bahwa pemerintah daerah bersama aparat TNI-Polri akan memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dihimbau tidak takut dalam beraktivitas.

“ Kita akan berusaha untuk memberikan keamanan kepada seluruh warga yang ada di Wamena. Kepada masyarakat jangan takut beraktivitas, situasi saat ini sudah pulih,” tandasnya.**