Tanpa Tiga Pemain Pilar, Persipura Tak Mampu Patahkan Dominasi Persib 

Jacksen Tiago/Istimewa

JAYAPURA-Persipura harus mengakhiri tren positifnya setelah dikalahkan oleh Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 2019 dengan skor 1-3 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (23/9).

Kekalahan tersebut menjadi yang pertama kalinya diderita pasukan Mutiara Hitam dalam delapan laga terakhir, sekaligus menjadi kekalahan kedua Jacksen F. Tiago sejak kembali menukangi Persipura.

Persipura yang tanpa diperkuat oleh tiga pilarnya yakni Muhammad Tahir, Mamadou Samassa dan Ibrahim Conteh sebenarnya mampu mengimbangi permainan Persib.

Sayang, keberuntungan belum berpihak kepada tim Mutiara Hitam di laga tersebut, meski unggul dalam penguasaan bola.

"Tahir dan Conteh mereka petarung sejati, dan begitupun juga dengan absennya Samassa, saya rasa itu menjadi salah satu hambatan kita dalam menunjukkan performa terbaik di laga tadi," ujar Jacksen Tiago usai laga.

Meski mendapatkan hasil minor, Jacksen tetap mengakui jika kekalahan itu bukan hanya karena faktor kelelahan dan absennya tiga pemain kunci, tapi menurutnya Persib juga bermain taktis.

"Kita tidak ingin kehilangan respek buat lawan, karena mereka mampu bermain bagus dan bisa manfaatkan momentum kondisi tim kita. Kita ucapkan selamat buat Persib," ungkapnya.

Sementara itu, penjaga gawang Persipura, Dede Sulaiman mengatakan, timnya sudah berjuang keras untuk mendapatkan poin di laga tersebut, namun karena faktor kelelahan membuat performa timnya kurang maksimal.

"Dari pemain kita sudah bekerja keras dan mungkin karena faktor kelelahan karena jadwal yang benar-benar mepet sehingga kita belum maksimal juga, tapi di laga berikutnya kita akan terus mencoba lebih baik lagi," pungkasnya. 

Kekalahan ini juga memperpanjang rekor negatif Persipura setiap berjumpa Persib. Persipura belum pernah menang dalam sembilan kali pertemuan sejak 2014 silam.