Uncen Dampingi Masyarakat Rhepang Lestarikan Tanaman Obat Tradisional

Pelatihan Pembuatan Sediaan Herbal / Istimewa

JAYAPURA-Pemanfaatan obat tradisional telah berkembang pesat kearah industrialisasi. Sebanyak 350 dari 7500 jenis tanaman obat telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. 

Produk industri tanaman obat tradisional dipasarkan tidak hanya dalam negeri, akan tetapi juga di luar negeri. 

Tren bangsa Indonesia dalam pemanfaatan obat tradisional secara nasional mengalami peningkatan. Namun, tidak demikian halnya dengan generasi muda Rhepang, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura. 

Untuk itu, UNCEN (Universitas Cenderawasih) hadir dampingi masyarakat dalam upaya pelestarian pemanfaatan obat tradisional. Kegiatan pengabdian dilakukan pada hari Sabtu (14/9/2019) oleh tim yang terdiri dari Agnes Eri Maryuni, Dr. Johnson Siallagan dan Dra. Verena Agustini, dibawah LPPM UNCEN bermitra dengan Alex Waisimon tokoh Isyo Hill’s Rhepang Muaif. 

Kegiatan bertujuan memberikan pengetahuan pada masyarakat setempat akan khasiat berbagai jenis tanaman obat tradisional dan cara mengolahnya menjadi sediaan herbal sederhana bernilai ekonomi. 

Kegiatan ini didukung oleh DRPM Kemenristekdikti dalam skim Program Kemitraan Masyarakat tahun 2019. Peserta merasa senang dan terinspirasi untuk mengembangkan sediaan herbal tanaman obat menjadi minuman kesehatan yang dapat dijual kepada wisatawan maupun masyarakat umum sehingga dapat meningkatkan pendapatan.