Warga Pinggiran Danau Sentani Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis dari Program Dokter Terapung

Tim Dokter Apung bersama Anggota Dit Pol Airud Polda Papua saat menyambangi warga kampung Hobong uang berada dipinggiran Danau Sentani/Istimewa

JAYAPURA-Sebanyak 1.075 warga yang bermukim di pinggiran Danau Sentani, Kabupaten Jayapura mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dalam program Dokter Terapung yang telah berjalan selama enam bulan terakhir.

Program Dokter Terapung merupakan program yang digelar oleh Direktorat Kepolisian Daerah Polda Papua bersama organisasi 'Dokter Berbagi' yang fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mendiami daerah Pesisir pantai baik danau

Berdasarkan pantauan di lapangan, program tim Dokter Apung ini menyambangi warga di setiap rumah untuk memberikan pelayanan pengecekan kesehatan bagi masyarakat dan menyediakan obat-obatan bagi warga. Salah satunya di kampung Hobong yang dihuni sekitar 900 jiwa.  

Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan, tim Dokter Apung dan Anggota Dit Pol Airud Polda Papua pun memberikan sosialisasi perlindungan hidup bersih dan sehat bagi para siswa di salah satu sekolah dasar di kampung tersebut. 

Perjalanan dari Markas Polair Polda Papua di pelabuhan Danau Sentani ke kampung Hobong menggunakan perahu motor dan pengangkutan waktu hanya sekitar 10 menit. Dari kampung Hobong, tim melanjutkan perjalanan ke Kampung Putali. 

Koordinator Operasional Doktor Bagikan Provinsi Papua, dr Marselina Mieke mengatakan, pihaknya bersama Polair Polda Papua melakukan program Dokter Terapung sejak bulan Maret lalu. 

"Pelayanan kesehatan di 25 kampung terlaksana pada hari selasa dan kamis. Sementara pada Senin, rabu dan jumat, pelayanan kesehatan berpusat di Markas Polair Polda Papua," papar Marselina.  

Ia menambahkan, penyakit yang sering ditemui program tim Dokter seperti malaria, gatal-gatal pada kulit, diare dan infeksi saluran pernapasan.  

Direktur Polisi Perairan Polda Papua Komisaris Besar Yulius Bambang Karyanto mengatakan, sejak Maret 2019, total 1,075 warga yang sudah mendapatkan pelayanan kesehatan dari program Dokter Terapung 

Ia menyebut, mengundang anggota yang berbicara di Markas Polair Polda Papua di Danau Sentani dan tidak hanya menjalankan tugas pengamanan dan penegakan hukum. Mereka juga dengan sukarela bersama tim dokter Berbagi Melayani waktu untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga.  

"Program ini untuk membantu warga di Pesisir Papua untuk mendapatkan layanan kesehatan yang memadai," ungkapnya. 

Joyce Monim, salah satu warga di kampung Hobong mengaku sangat bersyukur dengan mengikuti program Dokter Terapung untuk 25 kampung yang berada di kawasan Danau Sentani. 

"Dengan program ini, warga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mendapatkan layanan kesehatan di Kota Sentani," ungkap Joyce. *