Pasar Boswesen Aman dari Bahan Makanan Berbahaya

Petugas BPOM saat melakukan tes sejumlah sampling bahan makanan di Pasar Boswesen/Ola

SORONG-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat melakukan uji lapangan sejumlah bahan makanan di Pasar Boswezen, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (13/8).

Pengawas Farmasi dan Makanan Muda Seksi Informasi dan Komunikasi BPOM Papua Barat, sekaligus penanggung jawab kegiatan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya, Aan Sulistiawan, S. Farm., Apt, mejelaskan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya bahan berbahaya yang digunakan dalam makanan yang dijual pasar.

Diharapkan, dengan adanya uji lapangan ini dapat menciptakan pasar Boswesen yang aman dari bahan makanan berbahaya.

"Kami mengambil sampling sebanyak 140 jenis bahan makanan dan semuanya menunjukan negatif borax, formalin, rhodaminb dan metanil yellow,"ujar Aan.

Salah satu pedagang, Harun mengaku senang dengan adanya uji lapangan tersebut. Dengan adanya hasil uji dari BPOM, baik penjual dan pembeli tidak lagi khawatir untuk menjual barang dagangannya.

Pasar Boswesen merupakan salah satu pasar tradisional kedua di Kota Sorong setelah pasar Remu,  ada sekitar 200 lebih pedagang campuran dan 80 pedagang ikan basah.*