Sodikun Usulkan Ketua MUI Papua Barat Jabat MUI Pusat

Ketua Komisi Seni dan Budaya MUI Pusat Sodikun dan Ketua MUI Papua Barat Ahmad Nasrau/Albert

MANOKWARI- Ketua Komsi Seni dan Budaya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH. Dr. Sodikun, M.Si mengusulkan Ketua DPW MUI Papua Barat Ahmad Nasrau sebagai pengganti MUI Pusat, KH. M. Ma'ruf Amin.

Dikatakan Sodikun bahwa dalam organisasi MUI ada pedoman dasar yang harus diketahui dan diikuti  serta mengatur dalam jabatan ketua MUI Pusat.

Misalnya saja kalau ketua MUI Pusat telah menjabat sebagai pimpinan ormas, legislatif atau katakanlah sekarang menjadi Wakil Kepala Negara, maka wajib mengundurkan diri.

Kaitan dengan itu, Sodikun menjelaskan bahwa jabatan ketua MUI Pusat masih dijabat oleh KH. M. Ma'ruf Amin hingga nanti kalau resmi sudah menjadi Wapres, maka secara otomatis jabatan MUI akan dilepas dan diganti .

Hanya saja, kata Sodikun, dalam organisasi MUI masih ada jabatan wakil ketua umum, namun jabatan pak Ma'ruf Amin belum berakhir, maka bisa saja tanpa pemilihan ketua MUI Pusat langsung di angkat.

Ditegaskannya bahwa tanpa pemilihan saja langsung penunjukkan pengganti ketua MUI Pusat, itulah kelebihan ulama.

"Jadi misalnya kalau memang ada pemilihan pengganti ketua MUI Pusat, maka saya mau usulkan Ketua MUI Papua Barat sebagai ketua MUI Pusat," jawab Sodikun kepada wartawan, Sabtu (15/6). *