Bunga Bangkai Ditemukan di Jalan Pahlawan Kota Sorong

Bunga bangkai yang ditemukan di Jalan Pahlawan/Ola

SORONG-Keluarga besar Maklon Maniburi dan warga sekitar Jalan Pahlawan Kota Sorong, Papua Barat, dikagetkan dengan tumbuhan yang diduga merupakan Bunga Bangkai atau dalam bahasa latin Amorphopallus, Jumat (7/6).

Dituturkan oleh tuan rumah, Maklon bahwa proses pertumbuhan bunga tersebut sekitar satu tahun. Dimana sebelum tumbuh, tunas bunga tersebut menjebol lantai rumah.
Setelah tumbuh, tunas kemudian mati dan membusuk. Setelah itu baru muncul bunga dengan tongkol yang bisa berdiamater hingga satu meter lebih.

Ditambahkan oleh Maklon, kejadian tersebut bukan pertama kalinya. Karena pada tahun 2009 juga pernah ditemukan bunga serupa namun dengan diamater dan tinggi bunga yang lebih besar.

Setelah mendapatkan laporan adanya bunga bangkai di Jalan Pahlawan, tim BBKSDA Papua Barat langsung ke lokasi untuk melihat tanaman tersebut.

Dari hasil pengamatan BBKSDA bunga tersebut dikategorikan sebagai bunga raksasa jenis Amorphopallus atau lazim dikenal dengan bunga bangkai. 

Namun belum bisa diketahui jenisnya karena di Indonesia terdapat 22 jenis bunga Amorphopallus.

Menurut salah satu pegawai BBKSDA, tanaman jenis ini banyak tumbuh di dataran Papua Barat tapi belum ada yang berbunga seperti bunga tersebut. Oleh karena itu, pihaknya akan melaporkan temuan tersebut ke LIPI guna penelitian lebih lanjut.

Selain itu, pihak BBKSDA juga membiarkan bunga tersebut tetap hidup dihabitatnya agar tidak layu dan mati.

Masih menurut pegawai tersebut bahwa tidak ada efek samping dari bau bangkai bunga tersebut, sehingga warga yang menemukan adanya bunga ini untuk tetap menjaga karena sangat langka.

Belum ada keterangan resmi dari BBKSDA Papua Barat soal temuan tersebut dengan alasan menunggu hasil penelitian LIPI.*