Bank Mandiri Region XII Papua Siapkan Uang Tunai Rp 653 Miliar Jelang Lebaran

Regional CEO PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Region XII Papua, I Gede Raka Arimbawa / Djarwo

JAYAPURA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Region XII Papua menyiapkan uang tunai sebesar Rp 653 miliar atau sekitar Rp 74,2 miliar per harinya pada periode 6 Mei hingga 10 Juni 2019. Nominal tersebut disiapkan bagi para nasabah yang ingin melakukan penarikan tunai, mengingat permintaan uang tunai mengalami peningkatan menjelang perayaan Idul Fitri 1440 H atau hari raya lebaran.

Regional CEO PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Region XII Papua, I Gede Raka Arimbawa kepada sejumlah wartawan mengatakan, alokasi dana tersebut meningkat sebesar 12,8 persen dari jumlah yang disiapkan secara harian pada kondisi normal. Dari nilai itu, 74,4 persen dana akan didistribusikan di wilayah Papua dan 25,6 persennya di wilayah Papua Barat.

"Khusus pada mesin-mesin ATM, ketersediaan uang tunai akan meningkat menjadi Rp 32,5 miliar perhari  dari sekitar Rp 30 milar perhari untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan dana saat cuti bersama," jelasnya, Kamis (23/5).

Lanjut katanya, untuk kelancaran sistem pembayaran dan layanan nasabah rencananya terdapat beberapa cabang akan membuka operasional terbatas (setoran BBM dan transaksi kas terbatas) pada pelaksanaan cuti bersama diantaranya 3 Juni 2019 sebanyak 11 cabang, 4 Juni 2019 sebanyak 10 cabang, 6 Juni 2019 1 cabang dan 7 Juni 2019 ada 10 cabang.

Sementara untuk cabang weekend banking tetap beroperasional di hari Sabtu pada 1 Juni dan 8 Juni 2019 (1 cabang di Kota Jayapura dan 1 cabang di Kota Sorong).

"Perbandingan dengan tahun lalu uang tunai Rp 653 miliar tersebut bertambah sekitar 34,7 persen bila dibandingkan dengan momen hari raya tahun sebelumnya," ungkapnya.

Pihaknya juga mulai memprediksikan perputaran uang masuk dan keluar sejak 14 hari sebelum perayaan lebaran. Uang masuk diprediksikan akan terjadi peningkatan sejak 7 hari sebelum lebaran saat hari terakhir operasional normal bank dan 4 hari setelah lebaran atau hari pertama operasional normal Bank.

Sementara itu, untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, di tahun ini Bank mandiri Region XII Papua menyiapkan 2 unit Mandiri mobil untuk melayani pelayanan uang kecil yang akan berlokasi di Taman Imbi, Pasar Cigombong, Pasar Lama Sentani dan Koya Simpang 4, mulai 20 Mei hingga 24 Mei 2019.

"Kami menunjuk 3 cabang di kota Jayapura yaitu KC Jayapura Ahmad yani, KCP Jayapura Abepura dan KCP Sentani untuk melayani penukaran uang kecil, sekitar 6 hingga 29 Mei 2019, dan 2 cabang di Provinsi Papua Barat yaitu KC Sorong Basuki Rahmat dan KC Manokwari. Untuk jumlah uang kecil yang akan dialokasikan akan kami koordinasikan dengan Bank Indonesia perwakilan Papua dan Papua Barat," pungkasnya. *