Program Papua Terang, Target PLN 2018 Listriki 964 Desa

GM PT. PLN Persero Wilayah Papua dan Papua Barat, Johanis Hari Dartomo (kanan) bersama GM lama, Yohanis Sukrilismono dalam konfrensi pers di Jayapura, Kamis (22/3)/Riri

JAYAPURA,– PT PLN Persero Wilayah Papua dan Papua Barat menargetkan pada 2018 bakal melistriki 964 desa  di tanah Papua. Ini merupakan bagian dari Program Papua Terang yang  dicanangkan Pemerintahan Jokowi dengan target rampung pada 2020 mendatang.

General Manager (GM) PT. PLN Persero Wilayah Papua dan Papua Barat, Johanis Hari Dartomo merincikan dari 965 desa tersebut, terbagi atas 551 desa di Papua dan 414 desa di Papua Barat. 

"Kami tengah berupaya untuk  pembangunan pembangkit listrik berkapasitas kecil untuk menerangi kurang lebih 2.500 desa yang belum berlistrik," ujar Johanis di Jayapura, Jumat (24/3).

Pria yang belum sebulan menjabat sebagai GM PLN Papua menggantikan Yohanis Sukrilismono ini menyebutkan, pada 2017 pihaknya telah melistriki 191 desa.

Menurutnya, berbagai upaya akan dilakukan pihaknya guna melistriki desa desa tersebut sesuai dengan kondisi masing masing desa.

“Kalau jam nyala belum 24 jam, kami upayakan menyala hingga 24 jam sehingga aktivitas masyarakat lebih maju, “katanya 

Program Papua Terang, ungkap Johanis, melibatkan banyak pihak mulai dari perencanaan hingga pengujian operasional. 

"PLN tak bisa sendiri melakukan itu terlebih pada perencanaan lantaran terlebih dulu harus melakukan survey lokasi yang akan dilistriki PLN," tutupnya. [Riri]