Koarmada III dan Lantamal XIV Canangkan Zona Bebas Korupsi

Penandatanganan piagam zona integritas bebas korupsi/Ola

SORONG-Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, mencanangkan dan menandatangani piagam pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Koarmada III di Mako Koarmada III, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa pagi (30/4).

Penandatanganan piagam tersebut disaksikan sejumlah pejabat yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sorong, akademisi, tokoh agama, dan tokoh masyarakat serta dihadiri para Asisten Pangkoarmada III, para Komandan Satuan dan Kepala Satuan Kerja Koarmada III. 

Pada kesempatan dan tempat yang sama, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto, juga mencanangkan dan menandatangani piagam serupa untuk lingkungan Lantamal XIV Sorong. 

Pangkoarmada III dalam sambutannya mengatakan, bahwa pencanangan pembangunan zona integritas WBK dan WBBM di lingkungan Koarmada III tahun 2019 ini merupakan bagian dari kesungguhan TNI Angkatan Laut dalam mengukuhkan diri sebagai instansi yang mempunyai komitmen dan integritas dalam mencegah terjadinya korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Ini sebagai upaya untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi serta wilayah birokrasi bersih dan melayani melalui langkah reformasi birokrasi yang akuntabel dan kredibel, berdasarkan Perpres Nomor 81 tahun 2010 tentang grand design Reformasi Birokrasi tahun 2010-2025. 

“Tentunya komitmen ini sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu, yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas organisasi, dimana individu tersebut bertugas serta program reformasi birokrasi merupakan salah satu program prioritas TNI Angkatan Laut yang merupakan program jangka panjang menuju tata kelola pemerintahan 2025 yang bersih dan bebas KKN, transparan, akuntabel serta professional,” tegasnya. 

Dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan Zona Integritas ini, Koarmada III memiliki langkah-langkah dan target dalam menyusun perencanaan pembinaan dan pembangunan yangmeliputi perencanaan jangka sedang dalam kurun waktu  lima  tahun dan jangka pendek  satu tahun yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga diperoleh berbagai rumusan dengan menentukan arah, tujuan, sasaran strategis dan program kegiatan. 

Diharapkan dengan dicanangkannya Pembangunan Zona Integritas ini mampu memberikan pemahaman yang benar terhadap berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah kepada seluruh prajurit dan PNS Koarmada III beserta jajaran, sehingga dapat bersinergi mensukseskan program akselerasi untuk ikut berperan dan berpartisipasi secara aktif dalam mendukung tercapainya seluruh tujuan pembangunan baik yang dilaksanakan pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah.*