Sudah Pasti, Pendaftaran CPNS Papua Mulai 24 April Hingga 12 Mei

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua, Nicolaus Wenda/Andi Riri

 

JAYAPURA – Setelah beberapa kali tertunda, pemerintah Provinsi Papua akhirnya memastikan jadwal pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 baik provinsi, kabupaten dan kota yakni mulai 24 april hingga 12 mei 2019 mendatang. Bagi pelamar dapat mendaftar pada situs situs SSCN dengan alamat sscn.bkn.go.id

“Sudah dipastikan hari ini (Rabu,red), pendaftaran CPNS formasi 2018 dibuka secara umum. Siapa pun boleh mendaftar namun tentu harus sesuai syarat” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Papua Nicolaus Wenda di Jayapura, Rabu (24/4).

Dia menjelaskan, untuk sejumlah kabupaten memang sudah mulai menerima berkas pelamar. Hanya saja untuk provinsi belum menerima pendaftaran karena sedang memasukan data ke website SSCN.

Adapun kuota penerimaan CPNS untuk provinsi, sebut Nicolaus, sekitar 600 lebih. Kuota ini selanjutnya akan dibagi sesuai dengan usulan kebutuhan pada masing-masing jurusan.

Oleh karenanya, dia berharap para pelamar agar dapat segera mempersiapkan seluruh dokumen maupun berkas yang diperlukan. Sementara para pelamar juga diminta agar tak percaya dengan oknum maupun “calo” yang menjanjikan kelulusan dengan meminta imbalan uang.

“Sebab sekali lagi kita sampaikan bahwa perekrutan CPNS formasi 2018 ini, merupakan wewenang pemerintah pusat. Sehingga saya harap tidak ada pelamar yang terpedaya dengan ‘calo’ tak bertanggung jawab," serunya

“Saya juga akan melaporkan kepada pihak kepolisian, jika ada para pihak yang dengan sengaja melakukan pencatutan nama Kepala BKD Papua demi menjamin kelulusan untuk imbalan uang,” tegasnya.

Dari pantauan wartawan di website SSCN, telah nampak pengumuman resmi dibukanya pendaftaran CPNS untuk Provinsi Papua. Sayangnya para pelamar belum dapat mengakses pendaftaran untuk lowongan CPNS tingkat provinsi bahkan Kota Jayapura.

Kendati demikian, dipastikan warga akan dapat mengakses dalam beberapa hari kedepan setelah pengisian data dari pemda di website SSCN, rampung.