Hari Ini Empat Distrik Laksanakan Pemilu Susulan

Pesawat Susi Air saat mengangkut logistik pemilu untuk Talambo dan distrik Panggema/Istimewa

JAYAPURA – Setelah tertunda selama tiga hari karena keterlambatan distribusi logistik, akhirnya empat distrik di tiga kabupaten melaksanakan pemilu susulan.

Empat distrik yang akan melaksanakan pemilu susulan yakni Distrik Yambi di Kabupaten Puncak Jaya, Distrik Teluk Ampimoi di Kabupaten Kepulauan Yapen, Distrik Kalambo dan Distrik Penggema di Kabupaten Yahukimo.

“Untuk Kabupaten Puncak Jaya awalnya ada 3 distrik yang melaksanakan susulan, tapi 2 distrik yakni distrik Pageleme dan Gurage sudah melaksanakan pemilu susulan pada Jumat (19/4). Sementara hari ini (Sabtu) Distrik Yambi. Disana ada 3 kampung yang melaksanakan pemilu susulan,” kata Komisioner Bawaslu Papua, Amandus Situmorang, kepada Wartaplus.com, Sabtu (20/4) siang.

Selain itu, pemilu susulan juga dilaksanakan di 2 distrik di Kabupaten Yahukimo, yakni Distrik Talambo dan Panggema.

“Logistik pemilu untuk kedua distrik ini baru tadi pagi didistribusikan dan kita mendapat informasi bahwa pelaksanaan nya sudah berjalan karena disana menggunakan sistim noken, dan setelah selesai maka logistiknya akan dijemput pada hari Senin,” ujarnya.

“Kemudian ada juga 2 TPS di Distrik Teluk Ampimoi Kabupaten Kepulauan Yapen yang juga melaksanakan pemilu susulan hari ini. Jadi dari empat distrik yang melaksanakan pemilu susulan, Distrik Yambi, Distrik Talambo dan Panggema menggunakan sistem noken, sementara di Distrik Teluk Ampimoi menggunakan sistim normatif,” ungkapnya.

Selain empat distrik ini, Amandus menyampaikan bahwa pada hari Senin (22/4), pemilu susulan juga akan dilaksanakan di distrik Air Garam Kabupaten Yahukimo dan Distrik Nabire Kabupaten Nabire.

“Jadi hari Senin itu akan ada pemilu susulan di akan dilaksanakan di 16 TPS di Distrik Air garam Kabupaten Yahukimo, lalu pemilu susulan di 5 TPS di Distrik Nabire, Kabupaten Nabire,” bebernya.

Ia juga menyebutkan bahwa ada sejumlah distrik yang direkomendasikan untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU). *