Selisih Cukup Jauh, Jokowi - Ma'ruf Amin Unggul di Kabupaten Biak Numfor

Ketua KPU Papua, Theodorus Kossy saat diwawancarai pers di kantor KPU Papua

JAYAPURA - Di Kabupaten Biak Numfor, Papua, Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo - Ma'ruf Amin unggul jauh dengan perolehan 2.311 suara dari pasangan Prabowo- Sandiaga Uno yang hanya memperoleh 171 suara.

Data ini sebagaimana hasil hitung suara tingkat nasional dari data hitung cepat KPU per Jumat 19 April 2019 pukul 09:45:02 WIT. Dimana kabupaten Biak Numfor menjadi daerah pertama dari 29 kabupaten dan kota di Provinsi Papua yang memberikan hasil hitung cepat perolehan suara Presiden dan Wakil Presiden secara nasional. 

Ketua KPU Papua, Thedorus Kossy mengungkapkan, data hasil perhintungan suara yang masuk di KPU RI berdasarkan hasil scan C1 hologram yang dikirimkan oleh KPU daerah. Dimana perhitungan suara di setiap TPS di tulis langsung dalam formulir C Plano dan disalin ke C1 Hologram. 

“C1 Hologram inilah yang akan di bawa ke KPU tingkat Kabupaten untuk di scan dan di kirim ke KPU RI, jadi itulah fungsi hologram itu,” jelasnya di Jayapura, Jumat (19/4).

Menurut Theo, KPU sendiri akan mengetahui adanya perubahan suara dari scan hologram C1 Plano tersebut.  Hologram inilah yang menjadi data update KPU. Sehingga tidak ada lagi bisa bermain di tingkat PPS.

"Ketahuan jika ada pengalihan suara,” ungkapnya

Lanjut katanya, untuk tahapan penghitungan suara di setiap TPS dilakukan selama dua hari, selanjutnya penghitungan dilakukan di tingkat PPD selama tiga hari dan dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kabupaten selama dua hari.

Dilansir hasil perhitungan suara Pilpres secara nasional dari website resmi KPU menunjukkan suara pasangan Jokowi - Ma’ruf menang di angka 1.158.171 suara sementara pasangan Prabowo - Sandi berada di angka 897.441 Hitung cepat itu sebagaimana hasil 10.776 dari 813.350 TPS atau  1.32489 persen se Indonesia yang masuk di KPU.