H-14 Pemilu, Papua Kondusif

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin/Cholid

JAYAPURA – Kepala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jenderal Martuani Sormin menuturkan hingga 14 hari jelang pelaksaan pemilihan umum, situasi di Papua kondusif.

“Hingga saat ini situasi jelang pilkada aman terkendali,” singkatnya ketika diwawancarai di Mapolda Papua, Kamis (4/4) sore.

Ia pun menjelaskan, pihaknya telah melakukan pergeseran pasukan yang terlibat dalam proses pengamanan Pemilu.

“Untuk pergeseran pasukan sudah kami lakukan dan kami pun sudah relokasikan pasukan ke wilayah pegunungan yang dianggap rawan gangguan kelompok kriminal bersenjata (KKB),” jelasnya.

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri ini pun menambahkan pihaknya telah melakukan perkuatan di Polres dari Polda Papua bahkan BKO dari Brimob Mabes Polri pun akan ditambah guna mengantisipasi gangguan dalam proses tahapan Pemilihan umum.

“Nanti kami tambahkan dan lakukan perkuatan personil di Polres khususnya di pegunungan tengah untuk melapis pengamanan. Selain itu juga bintara remaja yang baru ini nanti kita akan lokalisir sementara ke wilayah pesisir karena mereka belum siap bertugas dan yang di pesisir akan digeser ke pegunungan,” jelasnya. *