Pjs Soedarmo Minta PB PON Papua Segera Finalisasi Cabor

Pjs Gubernur Papua, Soedarmo membuka secara resmi kegiatan Rakor di hotel Sahid Jayapura, Rabu (21/3)/Riri
JAYAPURA, - Penjabat Sementara (PJs) Gubernur Papua Soedarmo membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Pertandingan dan Peninjauan Tempat Pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020, di Jayapura, Rabu (21/3).
 
Rakor yang berlangsung selama tiga hari di hotel Sahid Jayapura ini, dihadiri jajaran pengurus KONI tingkat pusat dan Provinsi Papua (perwakilan pengurus Cabang Olahraga tingkat pusat dan daerah papua-red). Salah satu agenda rakor adalah untuk menentukan jumlah cabang olahraga (Cabor) yang akan di pertandingkan dalam event PON 2020 mendatang.
 
Pjs Gubernur, Soedarmo dalam sambutannya menyatakan PON XX merupakan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat di Papua, sehingga wajib untuk diwujudkan serta disukseskan. Sebab itu merupakan tanggung jawab seluruh stake holder yang ada di Papua.

 

“Karena itu, saya ajak kita semua untuk bisa menerima dan mengupayakan serta menyiapkan rencana dengan sebaik-baiknya, supaya penyelenggaraan PON Papua bisa sukses. Baik dalam penyelenggaraan maupun prestasi, hingga yang paling utama mampu meningkatkan ekonomi di Papua,” ajaknya.

Soedarmo bahkan menjagokan Papua sebagai tuan rumah, dapat meraih prestasi tertinggi dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut. Oleh karenanya dia mengimbau semua pihak terkait di Papua dapat mempersiapkan segala sesuatunya, untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX, termasuk meraih prestasi tertinggi dalam ajang tingkat nasional itu.

 

“Saya harap dalam PON XX di Papua 2020 mendatang, paling tidak kita mampu meningkat dari prestasi pada pon sebelumnya. Kalau kemarin kita 10 besar kali ini kita (wajib) ada di urutan tiga atau dua besar,” harapnya.

 

Di kesempatan itu, Soedarmo mengharapkan ada koordinasi dan komunikasi yang erat antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang berpartisipasi dalam persiapan maupun pembangunan sarana prasarana PON.

 

“Tentunya melalui dinas olahraga, saya harap bisa mengendalikan persiapan PON, sebab ini menyangkut nama baik Provinsi Papua. Untuk itu, sekali lagi, mari para stakeholder bersama-sama, bersatu untuk sukseskan penyelenggaraan PON XX di Papua,” harapnya lagi.
 
Finalisasi Cabor

 

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini juga berpesan agar dalam pelaksanaan rapat koordinasi, segera melakukan finalisasi cabang olahraga dan nomor pertandingan yang akan dipertandingkan dalam PON XX.

 

“Termasuk berapa banyak jumlah panitia pelaksana dari masing-masing cabang olahraga. Kemudian spesifikasi teknis arena pertandingan, peralatan serta penyusunan jadwal pertandingannya mesti dirampungkan," ujarnya.
 
Termasuk mengenai ketersediaan konsumsi, akomodasi dan transportasi yang mulai sekarang harus dipersiapkan dengan matang. "Sehingga memang kita perlu kerja keras untuk mewujudkan itu semua,” tandasnya.
 
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Papua, Yusuf Yambe Yabdi memaparkan untuk bidang pertandingan, ada lima hal yang akan dibahas dalam Rakor yaitu finalisasi cabang olahraga, finalisasi teknis peralatan pertandingan dan peralatan pendukung pertandingan, spesifikasi teknis karena pertandingan, sumber daya manusia yang akan mendukung pertandingan seperti wasit dan juri serta sumber daya pendukung dan venue atau calon venus yang akan digunakan.
 
“Selain itu, kami akan menyusun konsep pertandingan pon," ujar Yusuf yang juga menjabat sebagai Sekertaris PB PON Papua ini.
 
Dari hasil pertemuan ini, kata Yusuf Yambe Yabdi akan dilaporkan kepada pemerintah daerah untuk selanjutnya melakukan rapat kerja
terbatas gubernur bersama tim anggaran pemerintah daerah untuk mengkaji laporan yang disampaikan oleh PB.PONdan KONI Papua.[Riri]