300 Kios di Pasar Assue Mappi Terbakar, 700 Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Ratusan kios di Mappi Terbakar/Istimewa

JAYAPURA-Kebakaran hebat terjadi di Kompleks pasar Assue Kabupaten Mappi, Senin (25/2) malam.Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal membenarkan kejadian tersebut. Dikatakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIT.

"Api pertama terlihat dari salah satu kios di pelabuhan Mappi. Namun karena angin kencang di lokasi menyebabkan api merembet ke sejumlah kios di dalam pasar," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Selasa (26/2) sore.

Lanjut Kamal, warga yang melihat api mencoba untuk memadamkan api dengan alat seadanya, namun karena angin kencang dan bangunan yang terbuat dari papan dan tripleks membuat api semakin besar dan susah dipadamkan.

"Api dengan cepat menghanguskan kios dan rumah yang berada di pasar tersebut karena bangunan yang ada terbuat dari bahan yang mudah terbakar, dan sebagian kios merupakan pengecer BBM, serta instalasi listrik yang tidak sesuai standart PLN,"terangnya.

Kamal menambahkan, kurang lebih 5 jam terbakar, api berhasil dipadamkan dengan alat seadanya."Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.00 WIT dengan alat seadanya karena di lokasi kebakaran tidak terdapat mobil pemadam kebakaran," ucapnya.

Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya 700 warga kehilangan tempat tinggal. "Ada 300 bangunan yang terbakar dan sekitar 700 warga kehilangan tempat tinggal. Untuk kerugian diperkirakan mencapai milliaran rupiah," tandasnya.*