Pemprov Papua Imbau Masyarakat Tidak Menjadikan Laut Sebagai Tempat Sampah

Sampah plastik dan botol bekas yang tersaring di kali acay sehingga tidak terbawa ke laut/Istimewa

JAYAPURA - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perikanan dan Kelautan setempat mengimbau masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan tidak menjadikan laut, danau dan sungai sebagai tempat pembuangan sampah.

Imbauan ini disampaikan bertepatan dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada hari ini, Kamis, 21 Februari 2019.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, FX Mote kepada pers di Jayapura mengatakan, baik laut, danau dan sungai bukanlah tempat pembuangan sampah. Sebaiknya sampah ditempat pada tempat tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah.

"Sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan, sumber daya ikan di laut semakin hari ditemukan banyak gizi yang menurun yang diakibatkan tumpukan sampah yang tidak bisa terurai seperti sampah plastik, botol dan kaleng bekas," kata Mote.

Dampak ini, ujar Mote, terlihat di kota Jayapura. Dimana banyak sampah tertampung di muara yang terhubungan langsung ke laut, seperti di sungai Yotefa dan Ampera.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat yang mendiami bantaran sungai Yotefa dan Ampera, tidak membuang sampah sembarang ke sungai.

"Apalagi sampah-sampah yang dibuang tidak semuanya bisa terurai, sehingga dampaknya akan sangat buruk terhadap ekosistem, manusia dan kualitas air laut. Kebiasaan buruk ini tentu harus diubah," katanya lagi.

Menurut Mote, kepedulian terhadap lingkungan harus dimulai dari dalam keluarga, mengingat air menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan.

"Mari jaga kualitas air yang ada dengan tidak membuang sampah dengan sembarang. Mengingat sampah-sampah sudah terdorong sampai ke ujung Kayu Pulau, Kayu Batu dan sepanjang pantai Hamadi, tentu kualitas ikan yang ada akan sangat berbeda," ajaknya.

Dia berharap di peringatan hari sampah ini, semua masyarakat mau menyadari bahwa laut, sungai, rawa, dan danau bukanlah tempat sampah.

"Mari jaga perairan kita dengan baik demi generasi Papua selanjutnya," ajaknya lagi.

Di kesempatan itu, Mote mengaku pihaknya juga telah beberapa kali menggelar kegiatan bersih bersih laut bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait semisal Polda Papua. *