KPUD Kota Sorong Jangkau Pemilih Pemula

Komisioner KPUD (tengah) saat sosialisasi di SMA Kota Sorong/Ola

SORONG -Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sorong mendatangi Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di Kota Sorong. Kedatangan KPUD ini untuk memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula yang sudah bisa menyalurkan hak pilihnya pada bulan April nanti.

Komisioner KPUD Kota Sorong, Fatmawati disela-sela melakukan sosialisasi di SMA Negeri 2 Kota Sorong, Rabu (20/2) menuturkan sosialisasi kepada pemilih Pemula yang sangat penting.

Dimana dalam sosialisasi diinformasikan mengenai tata cara pemungutan suara dan spesimen kertas suara sekaligus simulasi saat berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam sosialisasi itu juga dijelaskan mengenai beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di TPS.Misalnya tidak boleh menggunakan seragam partai atau seragam sekolah serta selfie di dalam TPS.

"Sebagian besar sekolah yang Kami datangi belum sama sekali melakukan perekaman EKTP. Banyak alasannya saat kami tanya, misalnya tidak ada waktu atau akses kesana. Sudah rekam tapi belum keluar kartunya. Kami himbau kepada para pemilih pemula untuk ke TPS karena satu suara sangat berharga. Mohon juga dukungan orang tua karena ini pengalaman pertama mereka,"terang Fatmawati.

Salah satu pelajar SMA Negeri 2, Fransina Antoh mengaku senang mendapatkan sosialisasi pemilihan dari KPUD. "Saya tahun ini akan memilih untuk pertama kalinya. Saya sudah terpikirkan akan memilih sosok yang terpilih nanti. Saya akan meminta Pemilu. Tentunya "Anak muda. Saya juga akan memilih selfie. Memilih jari saat kena tinta," tutur Fransina. Selain bagi pemilih pemula, KPUD juga berencana akan melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas. *