Gubernur Papua Barat: Pertanian adalah Program Strategis Nasional

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan membuka Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Rabu (13/2)/Albert

MANOKWARI- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan membuka Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Rabu (13/2).

Pembangunan pertanian merupakan program Nasional dalam memegang strategis perekonomian Nasional. Bahkan berkontribusi nyata dan mampu menyerap tenaga kerja, namun juga menghasilkan sumber pendapatan, termasuk pelestarian lingkungan melalui praktek usaha tani yang ramah lingkungan.

Dalam sambutanya, Gubernur Dominggus mengatakan bahwa pangan adalah kebutuhan dasar manusia dan tentu saja menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Pangan adalah pilar pembangunan nasional dan berperang dalam perekonomian nasional. Bahkan dapat memenuhi kebutuhan pangan di tingkat nasional hingga daerah," kata Gubernur.

Oleh karena itu, pesan Gubernur, rapat kordinasi teknis se-Papua Barat ini harus ada akselarasi dan sinergis antara program kementerian, provinsi dan kabupaten, kota se-Papua Barat.

Termasuk evaluasi program 2018 untuk pelaksanaan program tahun 2019, dan perencanaan program 2020.  Kemudian kegiatan ini juga harus menjadi momen bagi kabupaten, kota untuk menyampaikan program kerja tahun berjalan dan tahun 2020 nantinya.

Ditambahkan Gubernur bahwa tantangan Swasembada pangan nasional ke depannya sangat bertentangan, maka perlu adanya kerjasama semua stakeholder sangat dibutuhkan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani. *