Rebut Trofi Kejurda, Tim Voli Kota Jayapura Siap Diproyeksikan untuk PON

Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin saat menyerahkan trofi kepada tim voli Kota Jayapura/Djarwo 

JAYAPURA - Tim voli putra Kota Jayapura di nomor Indoor berhasil meraih trofi kejuaraan daerah (Kejurda) voli Indoor dan Pantai memperebutkan piala bergilir Kapolda Papua yang digelar mulai 15 - 24 Januari di Gedung Olahraga (GOR) Waringin Kotaraja.

Tim voli putra Indoor Kota Jayapura itu langsung akan diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar di Papua tahun 2020 mendatang.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas yang juga selaku pembina tim voli Kota Jayapura mengungkapkan, dengan hasil tersebut dirinya optimistis timnya bisa memberikan kontribusi mayoritas pemain di tim voli PON Papua yang akan digabungkan dengan atlet-atlet voli dari kabupaten lainnya.

"Komposisi tim ini sudah sangat siap, jadi setelah ini mereka langsung seleksi untuk ikut PON dan kami optimis tim kota ini bisa banyak kontribusi pemain dan bisa support tim PON Papua nanti dengan di kolaborasi bersama atlet dari tim kabupaten lain," ujar Gustav kepada sejumlah wartawan olahraga di Jayapura, Kamis (24/01).

Diakuinya, bahwa sebagian besar pemainnya memang sudah disiapkan untuk menghadapi PON 2020 mendatang.

"Kita sebagian besar memang sudah siap dan terutama yang ikut dalam even ini. Karena sebagian besar tim Kota ini disiapkan untuk PON," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin selaku Ketua Umum Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Provinsi Papua mengatakan, even Kejurda ini merupakan sebuah ajang yang memang difokuskan untuk mencari bibit-bibit atlet voli untuk menghadapi PON.

"Even ini digelar dalam rangka menyambut Pra PON dan juga akan kita kumpulkan atlet kita di seluruh kabupaten di Papua dan kita akan seleksi untuk ikut masuk dalam tim inti PON nantinya. Kita akan cari mana yang bagus untuk tim dan sekaligus akan menggairahkan semangat olahraga di Papua," kata Kapolda.

Sebagai informasi, tim voli kota Jayapura sendiri selain merebut juara pertama di Indoor putra juga berhasil menyabet juara keempat di voli pantai.*