Santa Claus Is Coming Papua

Jalan Santai Pakai Noken dan Terjun Payung Masuk Rekor Muri

Atraksi terjun payung Pantai Dok II Jayapura/Cholid

JAYAPURA,-Perayaan Natal yang digagas Binmas Noken Polri di Pantai Dok II Jayapura Sabtu (22/12) pagi, yang mengangkat tema Santa Claus is Coming Papua masuk dalam catatan Rekor Muri Indonesia, dengan penerjun payung dan jalan santai menggunakan noken terbanyak serta penerjun payung menggunakan pakaian Santa Claus.

Senior Manager Museum Rekor Indonesia, Yusuf Ngadri menuturkan kegiatan Santa Claus is Coming Papua yang diselenggarakan oleh Binmas Noken Polri sangat memberikan warna tersendiri, dimana dalam kegiatan itu tercatat sebagai sejarah yang patut dicatat dalam Musium Rekok Indonesia.

"Saya patut bangga kerena ini merupakan sinergitas TNI-Polri dalam memberikan warna tersendiri bagi masyarakat khususnya di Papua. Dimana kami catat ada dua rekor yaitu terjun payung dan pemakaian noken dalam jalan santai terbanyak dan ini merupakan rekor baru,"terangnya Sabtu (22/12) pagi.

Yusuf menerangkan pemberian Rekor Muri kepada terjun payung karena dalam aksi tersebut melibatkan 50 anggota yang tergabung dari seluruh kesatuan TNI dan Polri, terlebih khususnya ada 9 penerjun payung merupakan wanita.

"Ini warna yang mencerminkan kesatuan dan persatuan untuk bangsa ini. Namun yang lebih menarik ialah penerjun yang mengenakan pakaian Santa Claus dan ini merupakan hadia spesial bagi warga, saya secara pribadi sangat bangga dan terharu atas kinerja aparat,"jelasnya.

Sementara  dengan pemberian rekor muri  pemakaian noken terbanyak dalam jalan santai, Yusuf menuturkan itu pun masuk dalam catatan lantaran sebagai satu upaya dalam memperkenalkan serta mempertahankan seni budaya Papua.

"Ini sejarah seluruh peserta jalan santai terbanyak yang menggunakan noken, selain itu pemakaian noken sebagai cara untuk terus mempertahankan seni budaya yang ada di Papua,"ujarnya.

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin ketika diwawancarai menuturkan kegiatan Santa Claus Is Coming Papua merupakan hadiah bagi masyarakat Papua.

"Terkait dengan pemberian rekor Muri itu hanya kebetulan saja, namun tujuan kami sebenarnya hanya memberikan hadiah dan hiburan bagi masyarakat di Papua khususnya di Jayapura, bahkan 100 anak kami datangkan dari 10 yang ada Pegunungan Papua dan mereka itu merupakan Binaan Satgas Binmas Noken,"ujarnya.*

Ia pun menambahkan, terjun payung merupakan satu citra dan kekompakan kinerja TNI-Polri selama ini. Namun yang lebih membanggakan lagi dalam aksi terjun payung itu melibatkan Putra-Putri terbaik Papua.