Berkunjung ke Manokwari Menteri Sri Mulyani Resmikan GKN Papua Barat

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani meresmikan Gedung Keuangan Negara (GKN) Manokwari/Albert

MANOKWARI,- Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati lakukan kunjungan kerja di Manokwari, Provinsi Papua Barat, Rabu (19/12). Dalam kunjungan itu, ia meresmikan Gedung Keuangan Negara (GKN) Manokwari.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Negara Manokwari di Provinsi Papua Barat Arif Wibawa sebelum laporkan pembangunan GKN, ia lebih dulu menyambut baik kedatangan Menkeu dan rombongan pada acara peresmian GKN Manokwari Papua Barat.

"Kehadiran Menkeu di Manokwari Ibu Kota Provinsi Papua Barat sebagai motivasi bagi jajaran kementerian keuangan di kantor gedung keuangan sebagai sinergi kerja antara Pusat dan pemerintah daerah," ucap Arif.

Arif juga berharap GKN ini sebagai instansi vertikal yang bersinergi langsung dengan pemerintah Pusat di daerah  Papua Barat dalam pelayanan keuangan di daerah. Termasuk GKN juga dapat melaksanakan pelayanan kepada instansi vertikal.

Gedung ini awalnya mengalami masalah hukum sehingga pembangunan sempat terlambat. Namun akhirnya GKN diselesaikan dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 85 miliar lebih.

"Pembangunan ini dibangun lama karena mengalami masalah hukum. Namun penyelesaian gedung ini karena kerjasama berbagai pihak. Sedangka taman luar GKN akan dikerjakan pada tahun anggaran 2019," tambah Arif.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dalam sambutan menjelaskan bahwa dana otsus sangat baik bagi pemerintah dan masyarakat.

Dengan dibangun GKN tentu membantu percepatan pembangunan di Papua Barat, juga mendukung perekonomian berbagai bidang sektor. Bahkan menunjukkan perkembangan positif.

Termasuk meningkatkan perkonomian Papua Barat mampu untuk naik meningkatkan PAD Papua Barat. Sebab meningkatnya ekonomi Papua Barat merupakan kerjasama aparat keamanan, sehingga sebagai Gubernur Papua Barat apresiasi.

Usai sambutan, Menkeu meresmikan GKN dengan simbol penandatanganan prasasti dan pengguntingan pitah sebagai diresmikan GKN dan dilanjutkan dengan peninjauan ruangan GKN yang berkonstruksi lante 3 tersebut.

Hadir pada acara peresmian Gubernur, Forkopimda provinsi, kabupaten Manokwari instansi vertikal dan jajaran Kementerian Keuangan Negara di Manokwari Papua Barat. *