Hari HAM Sedunia

Forum Solidaritas Rakyat Papua Peduli HAM Turun Jalan Sampaikan Aspirasi

Aksi turun jalan puluhan hingga ratusan masyarakat asli Papua ini tergabung dalam Forum Solidaritas Rakyat Papua Peduli HAM di Manokwari/Albert

MANOKWARI,- Para aktivis Papua, mahasiswa dan masyarakat sipil Papua di Kabupaten Manokwari Ibu Kota Provinsi Papua Barat lakukan aksi demo damai menutut pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di tanah Papua. Aksi itu juga berkaitan tepat dengan Hari HAM Sedunia yang jatuh pada Senin (10/12) hari ini.

Aksi turun jalan puluhan hingga ratusan masyarakat asli Papua ini tergabung dalam Forum Solidaritas Rakyat Papua Peduli HAM itu berlangsung di beberapa titik kumpul, misalnya di depan Hadi Mall jalan Yos Sudarso, pohon beringin Amban sekitar kampus Unipa dan Makalo sebagai titik star longmarch.

Sesampai di titik kumpul selanjutnya massa longmarch dari titik kumpul utama di jalan Merdeka. Sepanjang perjalanan itu massa membawa spanduk, pamflet yang menggambarkan tentang kasus pelanggaran HAM berat di tanah Papua.

Massa juga membentuk barisan dengan garis tali pembatas, juga massa teriak Papua merdeka sepanjang perjalanan menuju gedung DPR Papua Barat di jalan Siliwangi sebagai tempat tujuan menyampaikan aspirasi.

Tampak para aktivis Papua seperti Markus Yenu, KNPB wilayah Manokwari, perempuan Papua peduli HAM Papua. *