Dukung Operasi, SAR Jayapura Tambah Satu Kapal Cepat

Kepala SAR Jayapura, Melkianus Kotta, saat memberikan keterangan kepada pers diruang kerjanya, Jumat (9/3) sore/Fendi

SENTANI,– Guna mendukung kegiatan operasi, maka SAR Jayapura kembali mendatangkan 1 unit kapal cepat bernama Rigid Infatable Boat (RIB) yang akan tiba melalui pelabuhan Jayapura, Minggu (11/3).

“Awalnya kapal ini diperuntukan untuk kantor SAR Denpasar, tapi kami koordinasi dengan pak bupati dan menyampaikan bahwa kami sangat membutuhkan kapal ini. Akhirnya kapal tersebut dialihkan ke kantor SAR Jayapura,” kata Kepala SAR Jayapura, Melkianus Kotta, saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (9/3) sore.

Melkianus menjelaskan bahwa kapasitas kapal tersebut akan menampung 6 orang penumpang dengan kecepatan kapal mencapai 45 konot/jam. Yang mana fungsi kapal ini adalah untuk melakukan operasi yang menyangkut jiwa Manusia, terutama di wilayah kerja kantor SAR Jayapura.

“Kami sangat membutuhkan kapal RIB tersebut, karena kapal ini bisa difungsikan di danau maupun lautan, jangkauan kapal ini kurang lebih 130 mil di perairan luas,” ucapnya.

Lanjut Melkianus, kedatangan kapal cepat RIB akan menambah peralatan yang dimiliki SAR Jayapura, seperti kendaraan operasional roda empat dan roda enam, rescue boat triple dua, slider dan perahu karet sebanyak 11 unit.

“Sementara alat yang masih kurang di SAR Jayapura adalah peralatan laut yang harus ditempatkan di pos Sarmi, karena pos Sarmi berhadapan langsung dengan laut utara pasific. Untuk itu kami harap pimpinan pusat dapat merealisasikan pengadaan kapal jenis alumunium dengan panjang kurang lebih 40 meter,” harapnya. [Fendi]