SAR Jayapura Akan Kirim Lima Unsur Potensi Ikuti Jambore Nasional di Cibubur

Tampak sejumlah anggota potensi SAR mengikuti persiapan menuju jambore nasional/ Humas SAR Jayapura

SENTANI - Menjelang pelaksanaan jambore nasional bagi potensi Pencarian dan Pertolongan SAR di bumi perkemahan Cibubur Jakarta tanggal 25-26 September mendatang, potensi SAR Jayapura terus melakukan persiapan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura, Putu Arga Sujarwadi, mengatakan, peserta yang dikirim berasal dari unsur potensi SAR, seperti TNI/Polri instansi pemerintah dan organisasi kemasyarakatan

" Pada jambore nasional tahun 2018 ini kita akan mengirim 5 peserta. 2 dari TNI AD, 2 dari TNI AU, dan 1 dari Polair Polres Jayapura," katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu sore.

Dikatakan, dalam jambore ini akan dilakukan sejumlah perlombaan, diantaranya Fitness Drill, uji keterampilan penanganan cedera dan packing patiens, mendayung (rafting boat), evakuasi dengan menggunakan tandu darurat, dan mengangkat korban dengan Mechanical Advanted System.

Menurut Putu Arga, kegiatan jambore nasional ini bertujuan untuk mengasah kemampuan unsur potensi SAR yang ada di masing-masing daerah di Indonesia.

" Ini merupakan ajang mengasah keterampilan dan kekompakan antar anggota tim. Selain itu untuk menjalin tali silaturahmi antar sesama anggota SAR, serta antar unsur potensi Pencarian dan Pertolongan," jelasnya.

" Dan mengukur kemampuan tim dalam cabang lomba yang diikuti," tambahnya.

Disinggung soal target, Putu mengaku tidak ada target dalam jambore nasional tahun ini.

" Tidak ada target yang kami kejar. Hanya saja kita ingin agar ajang ini menjadi kesempatan untuk bertukar ilmu dan informasi terkait pengetahuan dan ketrampilan di bidang Pencarian dan Pertolongan," tandasnya.*