Rusak Terali Besi, 31 Narapidana Kabur Dari Lapas Narkotika Doyo

Foto: Ilustrasi

SENTANI,-Sebanyak 31 narapidana kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika klas IIA Jayapura di Doyo, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Minggu (22/7) pukul 10.00 WIT.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, saat dikonfirmasi Wartaplus.com membenarkan bahwa ada 31 narapidana Lapas Narkotika Doyo yang kabur, namun 2 diantaranya berhasil diamankan.

"Tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIT, kami terima laporan ada 31 narapidana yang kabur. Tapi informasi terbaru 2 orang berhasil diamankan," kata Victor kepada wartaplus.com, Minggu sore.

Victor menjelaskan, para napi ini berhasil kabur dengan memotong jeruji besi dengan gergaji besi, dan langsung kabur.

"Jadi sudah ada satu lokasi yang umum di dalam lapas, sehingga begitu memotong jeruji besi, mereka berkumpul dan keluar dari lokasi itu," tuturnya.

Lanjut Victor, untuk saat ini pihaknya telah membentuk tim guna melakukan pengejaran terhadap para narapidana.

"Kita telah membentuk beberapa tim, terdiri dari tim binmas untuk masuk ke dalam lapas dan menghimbau napi lainnya untuk tidak melakukan tindakan yang illegal," ujarnya.

Lanjut dia, kemudian yang berikut kita lakukan pemeriksaan terhadap napi lainnya, dan ketiga kita lakukan pengejaran terhadap para narapidana," sambungnya.

Mantan Kapolres Mimika itu menghimbau keluarga para narapidana yang mengetahui keberadaan mereka segera dilaporkan kepada pihak berwajib.

"Kepada keluarga pelaku yang mengetahui keberadaan pelaku untuk dilaporkan kepada kami, jika tidak maka kami akan bertindak tegas apabila ada yang berusaha melindungi mereka,"tegasnya.

Disinggung soal narapidana asal Papua New Guinea yang ikut kabur, Kapolres menyampaikan belum mengetahui pasti. "Belum bisa kami pastikan, masih diselidiki,"tandasnya.*