Emral Abus Ditunjuk Sebagai Pelatih PSBS Biak Gantikan Esnaider

Emral bin Bustamam saat memimpin latihan perdana bersama tim di Bali/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Kurang satu bulan tanpa pelatih kepala, manajemen PSBS Biak akhirnya menunjuk Emral bin Bustamam sebagai pelatih kepala menggantikan Juan Esnaider yang dipecat. 

Pelatih kelahiran 20 Desember 1958 itu dikontrak selama satu musim untuk melanjutkan tugas-tugas Esnaider. Bahkan sang pelatih sudah bergabung dengan tim di Bali untuk persiapan menghadapi Semen Padang FC pada Jumat mendatang. 

Emral bukan wajah baru di persepakbolaan Indonesia. Pelatih  berusia 65 tahun ini punya pengalaman yang mumpuni. Selain pernah menjadi pelatih Persib Bandung, dia juga pernah menjadi pelatih Bhayangkara FC, PSPS Pekan Baru dan PSDS Deli Serdang. 

Disamping itu dengan ilmu yang dia punya, Emral kerab kali dipanggil PSSI untuk menjadi instruktur bagi para pelatih lokal yang hendak mengambil lisensi kepelatihan dari berbagai tingkatan.

Presiden Direktur PSBS,  Evelin Sanita Injaya mengatakan manajemen memilih Emral karena pelatih asal Padang itu dinilai memiliki visi dan misi yang sama dengan PSBS Biak. 

"Dia memiliki visi dan misi yang sama dengan tim. Bahkan kami menilai dia bisa berkolaborasi dengan asisten pelatih Guillermo Samso, Ellie Aiboy dan Joice Sorongan," Katanya pada Rabu (16/10/2024).

Evelin menyebut, seluruh persyaratan Emral sudah rampung dan didaftarkan ke PT. LIB untuk memimpin laga PSBS Biak di Liga 1.

"Sesuai dengan regulasi semua persyaratan Coach Emral sudah kami daftarkan ke PT. LIB sebagai operator Liga 1. Debutnya bersama PSBS aka;n dimulai saat menjamu Semen Padang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali pada Jumat mendatang," ungkapnya. 

Sementara itu, Emral yang ditemui disela-sela latihan tim mengaku tertantang di beri mandat untuk meraih prestasi bersama PSBS musim ini. Dia berjanji akan memberikan semua kemampuannya untuk mengangkat posisi PSBS yang saat ini berada di posisi ke-9 klasemen sementara BRI Liga 1 2024/25 dengan raihan poin 9.

" Saya sangat menghargai kepercayaan yang diberikan manajemen PSBS. Tekad saya adalah memberikan seluruh kemampuan saya untuk meraih prestasi bersama PSBS," ucapnya.

Emral menilai dengan materi pemain berpengalaman yang ada saat ini PSBS bisa bersaing musim ini. Dia sangat antusias mengasah pemain asal Papua yang memiliki fisik dan kemampuan yang dinilainya sangat baik.

"Selain ada pemain yang punya jam terbang tinggi di Liga Indonesia juga terdapat pemain muda berbakat di PSBS. Kita akan poles mereka sehingga punya kemampuan lebih baik lagi," ujarnya. (**)