Bupati Waropen dan Mamberamo Raya Ikut Pilkada, Pj Gubernur Tunjuk Pejabat Sementara

Pjs Bupati Mamberamo Raya, Yimen Weya (kiri) dan Pjs Bupati Waropen, Triwarno Purnomo (kanan)/dok.Dian Mustika

JAYAPURA, wartaplus.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ramses Limbong mengukuhkan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Mamberamo Raya dan Bupati Waropen yang mengundurkan diri karena maju sebagai calon Kepala Daerah dalam Pilkada 2024.

Seperti diketahui Bupati Waropen, Yermias Bisay maju sebagai Calon Wakil Gubernur Papua berpasangan dengan Benhur Tomi Mano. Sedangkan Bupati Mamberamo Raya, Jhon Tabo maju sebagai Calon Gubernur Papua Pegunungan berpasangan dengan Ones Pahabol.

Sebagai Pejabat sementara (Pjs) Bupati Waropen diserahkan kepada Triwarno Purnomo yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Penjabat Bupati Jayapura. Sedangkan Pjs Bupati Mamberamo Raya ditugaskan kepada Yimin Weya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua.

Dalam acara pengukuhan yang berlangsung di kantor Gubernur Papua, Rabu (25/09/2024) lalu, Pj Ramses Limbong meminta kedua Pjs agar dapat menjalankan roda pemerintahan, dan memastikan pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Pjs Bupati ini memiliki tugas berat untuk memastikan Pilkada berjalan baik serta memastikan netralitas Aparatur Sipil Negara, " tegas Ramses Limbong.

Ia juga meminta kedua Pjs Bupati agar tidak keluar dari daerahnya hingga pelaksanaan Pemilukada selesai. Dimana terhitung mulai dilantik hingga 28 November mendatang.

"Saya minta kepada Pjs Bupati tidak keluar dari tempat tugas selama dua bulan kedepan, pastikan roda pemerintahan dan Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar," tegas pintanya.**