Pilkada Papua 2024

Cagub Fakhiri: Kami Tidak hanya Berjanji, tapi akan lakukan apa yang sudah diucapkan

Pasangan nomor urut 2, Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen (Mari-YO) didampingi tim koalisi Parpol saat memberikan sambutan dalam acara Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Papua 2024/dok.Dian Mustika

JAYAPURA, wartaplus.com - Pasangan calon Gubernur - Wakil Gubernur Papua nomor urut 2, Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen hadiri Deklarasi Kampanye Pilkada Damai 2024 yang digelar di kantor KPU Provinsi Papua, Rabu (25/09/2024).

Pasangan Mari-Yo hadir didampingi Ketua Tim Koalisi Partai, Ronald Antonio bersama para Ketua dari 15 partai pendukung, dan ratusan relawan.

Sebelumnya, pasangan Mari - Yo mengikuti konvoi kendaraan dari kantor Gubernur Papua menuju kantor KPU.

Kegiatan deklarasi, juga dihadiri Penjabat Gubernur Papua, Ramses Limbong bersama jajaran Forkopimda dan tentunya pasangan calon nomor urut 1, Benhur Tomi Mano - Yermias Bisay (BTM-Yes).

Diberi kesempatan untuk memberikan sambutan, Calon Gubernur, Matius Fakhiri mengajak seluruh relawan pendukung Mari - Yo untuk bersama sama menjaga kedamaian di tanah Papua.

"Mari kita panjatkan puji dan syukur bahwa Tuhan baik yang selalu memberikan kedamaian, menghadirkan keberagaman di tanah Papua. Oleh karenanya mari kita jaga apa yang sudah Tuhan beri tersebut," ajaknya.

Cagub Fakhiri menegaskan, ia dan cawagub Aryoko Rumaropen, jika terpilih akan menjadi pemimpin yang amanah, yang akan selalu turun ke masyarakat mendengarkan langsung apa yang menjadi keinginan masyarakat.

"Kami tidak hanya  berjanji tapi kami akan lakukan apa yang telah kami ucapkan ini. Kami akan jaga apa yang telah diucapkan, mudah mudahan Tuhan mendengar apa yang akan kami lakukan untuk tanah Papua," tegasnya.

Untuk diketahui, pasangan Mari-Yo diusung 15 partai koalisi antara lain; partai Golkar, Nasdem, PKS, Demokrat, Gerindra, PAN, Hanura, PKB, PPP, PBB, Perindo, PSI, Partai Buruh, Gelora, PGRI. Dengan jumlah total suara DPR Papua Pemilu 2024 sebanyak 547.453 atau presentase sebesar 85,5 persen.

Pasangan Mari - YO membawa Visi mewujudkan Papua Cerah (Papua Cerdas, Sejahtera dan Harmoni).

dok.Dian Mustika

Sementara itu, Pj Gubernur Papua, Ramses Limbong dalam sambutannya berharap kepada semua pihak baik parpol pendukung pasangan calon, tim kampanye, dan simpatisan massa pendukung untuk bersama sama menjaga keamanan ketertiban selama kampanye berlangsung.

"Kami berharap dalam masa kampanye sampai dengan masa tenang tidak menyerang atau menggunakan isu SARA serta menghindari tempat tempat yang tidak diperbolehkan untuk kampanye sebagaiman ketentuan perundangan," imbau Pj Gubernur.

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon mengatakan, Deklarasi ini sebagai awal dimulainya tahapan kampanye.
Dimana setiap pasangan calon akan menyampaikan visi misi mereka kepada 750.848 pemilih yang tersebar di 9 kabupaten/kota, 105 Distrik, 993 kampung/kelurahan.

"Selama 60 hari kampanye KPU memberikan waktu seluas luasnya untuk menyampaikan visi misi dan program dari masing masing pasang calon," tegasnya.

Deklarasi dimulainya tahapan kampanye di Provinsi Papua ditandai dengan pembacaan deklarasi, penandatanganan deklarasi dan pelepasan burung Merpati sebagai simbol merpati tidak pernah ingkar janji dan simbol kampanye damai. Deklarasi ditutup dengan penampilan Band Zamrud dan M.AC.**