Cek Keaslian OAP Bacagub Papua Matius Fakhiri, MRP Turun Langsung ke Bade Mappi

Ketua Pansus Pilkada MRP, Izak Hikoyabi/istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Majelis Rakyat Papua (MRP) melalui Panitia Khusus Pilkada 2024 telah melakukan Verifikasi Faktual tentang Keaslian Orang Asli Papua (OAP) Bakal Calon Gubernur Papua, Matius Derek Fakhiri.

Verifikasi faktual ini dilakukan mengacu pada UU Otonomi Khusus Papua, dimana MRP mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pertimbangan dan persetujuan terkait keaslian OAP Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua dalam Pilkada Gubernur Provinsi Papua.

Dipimpin Izak Hikoyabi selaku Ketua Pansus Pilkada MRP, tim turun langsung ke daerah asal Calon Gubernur Papua, Matius Fakhiri di Kampung Gimikia, Distrik Bade, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan pada Rabu (04/09/2024) pekan lalu.

Menurut Izak Hikoyabi, perjalanan menuju Kampung Gimikia adalah perjalanan yang cukup melelahkan sekaligus menguji adrenalin karena harus melewati sungai Digoel dengan arus yang cukup deras.

"Perjalanan ke Kampung Gimikia itu, kami harus menyusuri sungai yang cukup luarbiasa sepanjang sejarah hidup kami, ini sungguh mengerikan. Kami berangkat jam setengah 6 sore dari Asiki (ibukota kabupaten Mappi) dan tiba di Bade selanjutnya ke kampung Gimikia, kami tiba jam setengah 2 dini hari. Ini luar biasa, puji Tuhan kami tiba dengan selamat," aku Izak di Jayapura, Minggu (08/09/2024).

Lanjut ungkapnya, setelah beristirahat keesokan harinya tim bertemu keluarga kandung dari cagub Matius Fakhiri untuk melakukan verifikasi faktual terkait silsilah keluarga dan juga kepemilikan hak ulayat dari Matius Fakhiri.

"Kami bertemu keluarga kandung dari bapak Matius Fakhiri, juga Dewan Adat setempat. Dari keluarga kandung kami mendapatkan penjelasan dari bapak Silvester dan keluarga lainnya yang telah menyatakan dengan tegas bahwa bapak Matius Fakhiri adalah benar benar orang asli Papua yang berasal dari Bade, Mappi," ungkapnya.

Setelah mendapatkan keterangan data yang dibutuhkan, tim pansus kemudian kembali menyusuri sungai ke Asiki dan selanjutnya melewati perjalanan darat ke Merauke untuk kemudian kembali ke Jayapura.

"Selanjutnya kami bertemu langsung dengan cagub bapak Matius Fakhiri untuk verifikasi faktual terkait pengetahuan bahasa dan budayanya. Puji Tuhan semuanya sudah kami rampungkan," tukasnya.

Dari verifikasi faktual yang telah dilakukan kepada dua bakal pasangan calon yakni pasangan Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen, dan pasangan Benhur Tomi Mano - Yerimias Bisay selanjutnya tim pansus Pilkada akan membawa dalam pleno penetapan MRP.

"Nanti hasilnya kita akan sampaikan dalam sidang pleno , dan ini akan menjadi surat keputusan MRP yang akan diserahkan ke KPU untuk digunakan sebagai salah satu persyaratan bagi Cagub dan Cawagub," tegas Izak.

Matius Fakhiri dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim pansus MRP yang sudah mengunjungi kampung halamannya.

"Terima kasih sudah ke kampung saya di Kabupaten Mappi, dan alhamdulillah tim sudah bisa kembali dengan selamat untuk melaksanakan tugas sesuai yang diamanatkan undang undang. Semoga semua tahapan ini bisa berjalan dengan baik," ucapnya.**