Pasangan Mari - Yo Resmi Mendaftar ke KPU Papua Diantar Ribuan Massa

Pasangan Mari -Yo menerima cinderamata boneka Altura, maskot 2024 yang diserahkan langsung oleh Ketua KPU Papua, Steve Dumbon/Tim MDF

JAYAPURA, wartaplus.com - Pasangan Bakal Calon Gubernur - Wakil Gubernur Papua, Matius Derek Fakhiri - Aryoko Rumaropen resmi mendaftarkan diri ke kantor KPU Papua, Kamis (29/08/2024) sore.

Kedatangan pasangan Mari - Yo diantar 17 partai politik yang tergabung dalam "Koalisi Papua Cerah" serta 10 ribuan massa pendukungnya.

Menaiki mobil Jeep, Mari- Yo tiba di kantor KPU Papua sekira pukul 17.00 Wit. Diantar dengan ratusan kendaraan roda dua dan juga roda empat yang tergabung dari komunitas motor dan mobil jeep Jayapura. Tampak sebagian dari massa juga menggunakan pakaian adat nusantara.

Diiringi tari tarian, kedatangan pasangan Mari - Yo disambut oleh Sekertaris KPU dan staf yang kemudian mengantarkan menuju lantai 4 gedung KPU tempat dilaksanakannya pendaftaran.

Sebelum mendaftar ke kantor KPU Papua, pasangan Mari - Yo mengikuti prosesi adat pemberian restu dari para Tokoh Adat di kediamannya masing masing. Selanjutnya Mari - Yo menghadiri Deklarasi dari para tokoh adat wilayah Tabi yang digelar di rumah adat/obe Ohee Kampung Tobati Enggros.

Kemudian mengikuti Deklarasi pasangan Mari -Yo di Cafe V-Tekya yang dihadiri ribuan massa pendukungnya.
Kedatangan pasangan Mari - Yo disambut Ketua KPU Papua, Steve Dumbon bersama komisioner KPU lainnya serta Ketua Bawaslu dan anggota.

Steve Dumbon mengatakan, pihaknya telah menerima dokumen dari Ronal Antonio selaku Ketua tim pemenangan pasangan Mathus Derek Fakhiri - Aryoko Rumaropen.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Verifikasi KPU selama kurang lebih 2 jam dan kroscekk ke masing masing partai pendukung (Ketua Partai dan Sekertaris,red), berkas syarat pencalonan dinyatakan terverifikasi.

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon mengatakan," berkas syarat pencalonan telah kami verifikasi dan sudah dinyatakan lengkap".

Bakal Calon Gubernur Papua, Matius Derek Fakhiri kepada wartawann mengatakan, "alhamdulilah, puji Tuhan, semua proses tahapan pendaftaran sudah kita lakukan hari ini. Baik syarat pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat," ucapnya.

"Kami juga telah menerima surat tanda terima dan syarat pengantar pemeriksaan kesehatan sudah kami terima, dan Insya Allah besok kita akan lakukan pemeriksaan kesehatan, dan di hari yang sama juga ada konfirmasi keaslian orang asli Papua yang akan dilakukan di kantor MRP," jelasnya.

"Selanjutnya kami akan menunggu penetapan calon dan penetapan nomor urut dari KPU," lanjutnya.**