Pj Gubernur Papua Lantik Penjabat Bupati Sarmi dan Jayapura

Pj Gubernur Papua, Ramses Limbong saat melantik Pj Bupati Sarmi, Iman Juni Awal dan Pj Bupati Jayapura, Semuel Siriwa/istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua, Ramses Limbong melantik Pj Bupati Sarmi, Iman Juni Awal dan Penjabat Bupati Jayapura, Semuel Siriwa, berlangsung di Aula kanto Gubernur Dok II Kota Jayapura, Kamis (15/8/2024) sore.

Pelantikan oleh Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong disaksikan Forkompinda dan Kepala OPD setempat.

Penjabat Bupati Sarmi yang baru Iman Djuniawal menggantikan pejabat lama Markus Oktavianus Mansnembra yang mundur untuk karena akan maju Pilkada, sedangkan Semuel Siriwa menggantikan Triwarno Purnomo yang menjabat Pj Bupati Jayapura selama 1,8 tahun.

"Dengan ini saya melantik dan mengambil sumpah janji jabatan terhadap saudara Iman Djuniawal sebagai Penjabat Bupati Sarmi dan saudaraSemuel Siriwa sebagai Penjabat Bupati Jayapura dengan masa Jabatan paling lama satu tahun terhitung sejak tanggal pelantikan," kata Pj Gubernur.

Lanjut, Pj Bupati yang baru akan diserahi tugas pokok memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.

Lalu memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat serta menjaga situasi tetap aman dan kondusif bekerja sama dengan Forkompinda setempat.

"Terpenting adalah mempersiapkan Pilkada di wilayahnya, menjaga netralitas ASN, tetapi juga mensukseskan program strategis nasional dan daerah," tekan Pj Gubernur.

Program tersebut antara lain penanganan stunting, pengendalian inflasi, ketahanan pangan, penurunan angka pengangguran serta penanggulangan kemiskinan ekstrim," ucapnya.

Penjabat Bupati Sarmi Iman Djuniawal menyatakan siap menjalankan instruksi pimpinan. Lebih khusus mempersiapkan pelaksanaan Pilkada di wilayahnya.

"Kami siap menjalankan instruksi untuk mensukseskan Pilkada serta program strategis nasional dan daerah,"tegasnya.**