Zakarias Marey Gantikan Apolos Bagau Sebagai Penjabat Bupati Intan Jaya

Zakarias Marey saat diambil sumpah janjinya sebagai Penjabat Bupati Intan Jaya/Humas Papua Tengah

NABIRE, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk S.Sos.,M.M, melantik Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Papua Tengah, Dr. Zakharias F. Marey, S.Sos., MT sebagai Penjabat Bupati Intan Jaya, Rabu (14/08/2024).

Pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3-3322 Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Bupati Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

Pj Gubernur Ribka Haluk mengatakan bahwa, dilantiknya Zhakarias Marey sebagai Penjabat Bupati Intan Jaya yang baru, lantaran Penjabat Bupati Intan Jaya yang sebelumnya disandang oleh Apolos Bagau, ST, telah mengundurkan diri untuk maju sebagai bakal calon Bupati Intan Jaya dalam Pilkada Tahun 2024, November mendatang.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa, Penjabat Bupati Intan Jaya yang lama, Bapak Apolos Bagau telah mengajukan surat pengunduran diri karena ingin maju sebagai Bupati Intan Jaya dalam Pilkada tahun 2024. Sehingga sebagaimana aturan birokrasi, kita harus mengangkat Penjabat penggantinya yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri," kata Ribka.

Menurutnya, langkah yang diambil oleh Apolos Bagau merupakan langkah yang tepat sesuai dengan aturan yang berlaku dan patut diapresisi. Ia juga berterimakasih pada Apolos Bagau atas segala pengabdian selama menjabat sebagai Penjabat Bupati Intan Jaya.

"Kepada Penjabat Bupati Intan Jaya sebelumnya, Bapak Apolos Bagau, ST, saya atas nama Pemerintah Provinsi Papua Tengah mengucapkan terima kasih banyak atas jasa-jasa yang baik dan pengabdiannya dalam memimpin masyarakat Intan Jaya," ucapnya.



Pj Gubernur Ribka Haluk meminta kepada Penjabat Bupati Intan Jaya yang baru dilantik, agar melanjutkan program-program kerja yang sebelumnya telah dilakukan dan dilaksanakan dengan baik untuk masyarakat Intan Jaya, khususnya program-program nasional, serta meyukseskan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kabupaten Intan Jaya.

"Laksanakan empat program prioritas nasional antara lain, percepatan penurunan stunting 14 persen tahun 2024, pengentasan kemiskinan ekstrim dan kemiskinan dengan target nasional 0 persen tahun 2024, pelaksana pemilukada 2024 dan kesiapan dukungan anggaran bagi penyelenggara pemilukada, serta membuat SOP yang baku dalam pelaksanaan inflasi daerah, serta Bapak Pj besok harus turun ke daerah dan sukseskan HUT Kemerdekaan RI," tekan Ribka.

Ia juga menekankan, dalam pelaksanaan Pilkada 2024, Pj Bupati Intan Jaya yang baru harus segera berkoordinasi dan bersinergi dengan KPUD, Bawaslu, TNI/Polri untuk menyukseskan Pilkada.

"Segera lakukan koordinasi dan bersinergi dengan para penyelnggara Pilkada, dalam hal ini KPUD, Bawaslu, TNI dan Polri, guna memastikan suksesnya proses Pemilukada 2024 di Kabupaten Intan Jaya," tegas pintanya.

Tak lupa juga Pj Gubernur Ribka Haluk mengingatkan pada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di delapan Kabupaten di Provinsi Papua Tengah, agar menjaga netralitas dan profesionalisme dalam pesta demokrasi.

"Saya kembali ingatkan, agar menjaga netralitas  dan profesionalisme sebagai ASN. Hindari tindakan-tindakan yang mengarah para praktek politik praktis. Jangan ada laporan yang menyebutkan ada pejabat yang pro dengan kandidat-kandidat tertentu. Pj Bupati Intan Jaya yang baru dilantik harus menjadi wasit yang netral di daerah yang dipimpin," lugasnya.



Sementara itu, usai dilantik menjadi Penjabat Bupati Intan Jaya, Dr. Zhakarias Marey mengucapkan terima kasih atas jabatan yang dipercayakan padanya. Ia mengaku bakal melakukan segala arahan yang telah disampaikan oleh Pj Gubernur Ribka Haluk.

"Saya akan segera membangun sinergitas dengan semua pihak, termasuk Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat, untuk menjaga stabilitas keamanan serta memastikan roda pemerintahan berjalan dengan baik, serta segala arahan Ibu Pj Gubernur Papua Tengah akan saya prioritaskan dalam tugas dan tanggung jawab saya sebagai Pj Bupati Intan Jaya," ujarnya.

Pelantikan yang digelar di Aula Kantor Gubernur Papua Tengah ini dihadiri oleh Penjabat Sekda Provinsi Papua Tengah, Anwar Harun Damanik, S.STP., MM didampingi Forkopimda Provinsi Papua Tengah, Ketua DPRD Intan Jaya, Panius Wonda, Sejumlah Anggota MRP Provinsi Papua Tengah dan Kabupaten Intan Jaya, Forkopimda Kabupaten Intan Jaya, para Pejabat Eselon 2,3, dan 4 dilingkukan Pemprov Papua Tengah. (Rilis)