Kontingen Papua Tengah untuk PON XXI Sumut Resmi Dikukuhkan

Foto bersama Pj Gubernur Papua Tengah bersama Forkopimda dan kontingen PON XXI usai pengukuhan/Humas Papua Tengah

NABIRE, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr Ribka Haluk resmi mengukuhkan Kontingan Provinsi Papua Tengah untuk PON XXI/ 2024 Aceh-Sumut, Rabu (31/07/2024).

Dalam sambutannya, Ribka Haluk mengatakan, Pekan Olahraga Nasional (PON) adalah ajang bergengsi yang menjadi simbol persatuan dan prestasi olahraga di Indonesia.

Oleh karenanya ia berharap sebagai kontingen daerah DOB para atlet dapat berprestasi dan mengharumkan nama Papua Tengah.

“PON bukan hanya sekedar kompetisi, tetapi merupakan wadah untuk menunjukan semangat sportivitas dan kebanggaan daerah kita. Saya merasa bangga berdiri diantara para atlit yang hebat yang akan membawa nama baik Papua Tengah di kancah nasional, terutama kita yang berasal dari daerah DOB,” ucapnya.

Menurutnya, partisipasi Papua Tengah dalam PON XXI adalah wujud nyata dari semangat dan tekad masyarakat Papua Tengah untuk selalu hadir dan berkontribusi dalam setiap kegiatan nasional, meskipun wilayah DOB.

“Kehadiran kita disini bukan hanya untuk bersaing dan memenangkan medali, tetapi juga untuk belajar, beradaptasi dan mempersiapkan diri menuju PON 2029,” katanya.

Meski demikian, lanjut Ribka, ia sangat mengapresiasi semangat para atlet, pelatih, dan official dari 14 cabang olahraga dengan total berjumlah 123 orang yang akan mengikuti ajang PON XXI.

“Kita patut memberikan apresisiasi yang besar untuk semangat para Atlet, Pelatih dan Official kontingan Papua Tengah. Perjuangan dan dedikasi kalian selama ini adalah cerminan dari semangat juang masyarakat Papua Tengah,” ungkapnya penuh semangat.



Pj Gubernur Ribka Haluk berpesan kepada seluruh peserta dalam kontingan Provinsi Papua Tengah untuk PON XXI, untuk selalu menjunjung tinggi sportifitas.

“Pesan saya, kalian harus selau menjunjung tinggi sportifitas dalam berkompetisi. Ingatlah bahwa kemenangan yang sejati adalah kemenangan yang diraih dengan usaha dan kejujuran,” pesannya.

Dirinya yang juga merupakan Ketua Koni Provinsi Papua Tengah berjanji, akan memberikan bonus kepada para atlet yang berprestasi dalam menyumbangkan medali bagi Papua Tengah di ajang PON XXI.

“Saya bangga pada kalian, maka dari itu untuk yang menyumbangkan Medali bagi Papua Tengah, saya kasih bonus,” ucapnya.



Pj Gubernur berharap kepada seluruh masyarakat Papua Tengah untuk terus mendukung serta mendoakan Kontingan Provinsi Papua Tengah dalam ajang PON XXI di Aceh-Sumut.

“Tidak lupa saya mengingatkan pentingnya doa dan dukungan seluruh masyarakat Papua Tengah. Marilah kita bersama sama mendoakan dan memberikan semangat bagi kontingan kita agar mereka dapat tampil maksimal membawa nama baik dan medali bagi Provinsi Papua Tengah,” katanya mengingatkan.

Diketahui, terdapat 14 cabang olahraga yang meliputi Aeromodeling, Atletik, Billiar, Binaraga, Catur, Jijitsu, Muaythai, Panjat Tebing, Pencak Silat, Paramotor, Taekwondo, Terbang Layang, Tinju, dan Rugby dengan jumlah atlet, pelatih, asisten pelatih serta official sebanyak 123 orang, yang nantinya bakal mewakili Provinsi Papua Tengah daam ajang PON XXI di Aceh-Sumut pada tanggal 9 September 2024.

Acara pengukuhan yang digelar di aula kantor Gubernur Provinsi Papua Tengah ini dihadiri oleh Penjabat Sekda Provinsi Papua Tengah, sejumlah Kepala OPD Pemprov Papua Tengah, Forkopimda kabupaten Nabire serta seluruh Atlet, Pelatih dan Official dalam Kontingen Papua Tengah untuk PON XXI Aceh-Sumut.(adv)