Kpw BI Papua Gelar QRIS Jelajah Indonesia 2024, Libatkan Kalangan Milenial

Kalangan millenial Papua dilibatkan dalam giat QRIS Jelajah Indonesia 2024/Humas BI Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Papua menggelar kegiatan QRIS Jelajah Indonesia (QJI) Papua yang dilaksanakan di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura pada 19 – 21 Juli 2024 lalu. Kegiatan ini melibatkan kalangan milenial Papua. Giat ini sendiri dimaksudkan sebagai upaya perluasan digitalisasi sistem pembayaran di Tanah Papua.

Kegiatan tersebut merupakan flagship campaign secara unconventional yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia selama kurun waktu 7 – 21 Juli 2024. QJI disambut antusias oleh masyarakat di area jelajah di Jayapura.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Faturachman, membuka rangkaian kegiatan QRIS Jelajah Indonesia wilayah Papua di Mayo Resort, Pantai Hamadi pada hari Sabtu pagi (20/07/2024).

Adapun QJI Papua sendiri melibatkan a.l content creator, pegiat media sosial, dan masyarakat umum. QJI Papua memiliki beberapa misi terkait QRIS, Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, serta Pelindungan Konsumen di destinasi pariwisata dan pusat perdagangan di sekitar Jayapura. Kegiatan ini diikuti oleh total 19 (sembilan belas) peserta yang terdiri atas 7 (tujuh) tim yang yang sangat antusias dalam mengikuti kompetisi tersebut.

Kegiatan pertama QRIS Jelajah Indonesia Papua dilaksanakan di Pantai Pariwisata Hamadi, Kota Jayapura yang terdiri atas 3 (tiga) misi dengan tema QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. Misi pertama bernama ASMAT (Akusisi Merchant QRIS) yang berhasil mengakusisi total 35 (tiga puluh lima) pedagang berskala UMKM di sekitar Pantai Hamadi.

Selanjutnya, misi kedua yaitu TIMIKA (Tebak Item Misinya Kaks) yaitu peserta harus menebak item dari fun games yang diberikan dan membeli item tersebut dengan bertransaksi menggunakan QRIS. Misi terakhir pada venue ini yaitu DOGIYAI (Donasi Gampang, Pasti Nyaman Pakai QRIS) yaitu mengajak turis dan pengunjung sekitar Pantai Pariwisata Hamadi untuk melakukan donasi dengan QRIS rumah ibadah dan komunitas konservasi yang berhasil mendapatkan 120 (seratus dua puluh) transaksi QRIS.

Selanjutnya, kegiatan kedua dilaksanakan di Pasar Lama Sentani, Kab. Jayapura dengan misi berjudul SENTANI (Serunya Tukar Uang Hari Ini). Misi ini bertujuan untuk mengajak pedagang dan masyarakat di sekitar Pasar Lama Sentani untuk menukarkan Uang Tidak Layak Edar (UTLE) milik mereka kepada tim peserta QRIS Jelajah Indonesia yang akan disetorkan di mobil kas keliling milik Bank Indonesia Papua.

Pada misi SENTANI yang berlangsung selama 1 jam ini, terdapat sebanyak 1.082 (seribu delapan puluh dua) bilyet UTLE yang berhasil ditukarkan oleh peserta QRIS Jelajah Indonesia.

Misi terakhir dalam rangkaian kegiatan QRIS Jelajah Indonesia wilayah Papua ini yaitu MAPPI atau Mari Perluas Edukasi Pelindungan Konsumen yang berfokus kepada edukasi kepada masyarakat pengunjung di area pariwisata Bukit Tungkuwiri, Kabupaten Jayapura atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies. Pada misi ini, terdapat total 70 (tujuh puluh) wisatawan yang berhasil diedukasi oleh seluruh peserta kegiatan QRIS Jelajah Indonesia.

QJI diharapkan terus meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap penggunaan QRIS, CBP, dan pelindungan konsumen. Hal tersebut tentunya mendukung perluasan ekosistem dalam ekonomi digital di Papua yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan inklusifitas.(rilis)