392 Pejabat Eselon II, III dan IV Lingkup Pemprov Papua Tengah

Foto bersama Pj Gubernur Papua Tengah dengan para pejabat Eselon yang dilantik/Humas Papua Tengah

NABIRE, wartaplus.com - Sebanyak 392 pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah dilantik. Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas oleh Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM, digelar di Aula Kantor Gubernur Papua Tengah, Nabire, Rabu (17/07/2024).

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Papua Tengah Nomor 800.1.3.3-106 Tanggal 17 Juli 2024.
Dari 392 terdapat 2 pejabat eselon II yang dilantik yakni Kepala Badan Pengelola Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Yohan Tono Tenaouye dan Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Papua Tengah, Dr. Zakharias F. Marey, S.Sos.,MT.

“Perlu saya sampaikan bahwa pelaksanaan pelantikan ini telah melalui tahapan sesuai dengan ketentuan tentang Manajemen ASN yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 116 Tahun 2022 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pelaksanaan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Manajemen Aparatur Sipil Negara,” ungkap Pj Ribka dalam sambutannya.



Ribka Haluk menjelaskan, pelantikan pejabat adalah bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas dan karir pegawai.

Selain itu juga untuk mengisi kekosongan jabatan dan juga bagian dari penyegaran melalui mutasi dan promosi jabatan guna memperlancar tugas pemerintahan serta pelayanan publik.

“Pertimbangan utama yang dilakukan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai juga melalui kompetensi, kinerja, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggungjawab," kata Ribka.

Oleh karenanya, Pj Ribka meminta setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk terus melakukan kreatifitas dan inovasi dalam bekerja dan memiliki wawasan yang luas, serta siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan.

Ribka Haluk mengharapkan agar para pejabat yang dilantik untuk dapat menunjukkan kinerja yang maksimal, loyalitas dan disiplin yang tinggi. Pemprov Papua Tengah saat ini membutuhkan pejabat yang siap bekerja dengan pemikiran dan langkah strategis, serta terobosan baru yang inovatif, agar pelayanan kepada masyarakat lebih cepat dan tepat.

Ia menambahkan saat ini Pemprov Papua Tengah telah menetapkan berbagai program prioritas yang perlu dijalankan, sehingga diharapkan adanya kemauan kuat untuk meningkatkan kinerja dan dapat bekerjasama dalam menghadapi dinamika organisasi pemerintah.

“Pesan saya seluruh pejabat yang dilantik ini dapat bersinergi dan bekerjasama dengan seluruh pihak terkait dalam membentuk manajemen organisasi yang baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jabatan dimana saudara dilantik. Membantu saya dalam rangka percepatan pelaksanaan 12 Program prioritas yang sudah menjadi acuan kita dalam memajukan Provinsi Papua Tengah,” pesannya.

Dalam menjalankan tugas, lanjut Ribka Haluk, seluruh ASN, merupakan suatu kesatuan, untuk berkewajiban bersama-sama melaksanakan jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di bawah kepemimpinannya sebagai Pj Gubernur.

“Jalankan pemerintahan, pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan dengan baik sesuai aturan, ketentuan dan mengikuti dinamika yang terus berkembang. Kita harus melayani bukan dilayani, sudah saatnya kita semua bergerak bersama sama untuk memacu diri, terus mengasah kemampuan dan kapasitas, agar mampu berdaya saing dalam gerak pemerintahan yang bergerak cepat,” tegasnya.(adv)