Pemprov Papua Didapuk Penghargaan Mendagri Karena Tuntaskan Dana Hibah Pilkada 2024

Kepala Kesbangpol Papua, Musa Isir mewakili Gubernur saat menerima penghargaan Mendagri/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua didapuk penghargaan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian karena telah menyalurkan 100 persen dana hibah ke KPU untuk penyelenggaraan Pemilukada serentak 2024. Dana hibah bersumber dari APBD Provinsi Papua.

Penghargaan diterima Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Papua, mewakili Penjabat Gubernur, di Jakarta, Selasa (16/07/2024).

Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menyatakan keberhasilan pemerintahannya tak lepas dari peran para pihak terkait.



Ia pun mengapresiasi pihak penyelenggara Pilkada di wilayahnya yang telah mendukung proses penyelesaian administrasi dana hibah tersebut.

“Tentunya dengan alokasi dana yang tersedia penyelenggaraan Pemilukada serentak dapat berjalan dengan baik. Dan nantinya dana hibah yang disalurkan dapat dipertanggung jawabkan sesuai ketentuan yang berlaku,” terang Ridwan sebagaimana dikutip Kepala Dinas Kominfo Papua, Jeri A. Yudianto.

Jeri juga menyatakan keberhasilan penyaluran dana hibah Pilkada tak terlapas dari supervisi kepada kabupaten dan kota yang terus dilakukan oleh Pj Gubernur Papua.

Apalagi penyelenggaraan Pemilukada merupakan pesta demokrasi yang bertujuan memilih pemimpin daerah. “Sehingga mari kita jaga dan kawal bersama, supaya kententraman dan kedamiaan tercipta di Papua,” terangnya.

Diketahui, ada lima provinsi se-Indonesia yang telah 100 persen menyalurkan dana hibahnya pada penyelenggaraan Pemilukada serentak.**