Momen Hari Bhayangkara ke-78, Irjen Fakhiri Sampaikan Permohonan Maaf ke Masyarakat di Tanah Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Momen Hari Bhayangkara ke-78, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan Kepolisian dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada seluruh masyarakat di Tanah Papua.

"Itu semua adalah bentuk keterbatasan kami. Namun, kami berjanji bahwa Polri akan tetap hadir bersama pemerintah untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan," tegas Irjen Fakhiri dalam sambutannya pada upacara Parade Bhayangkara di Stadion Mandala di Stadion Mandala, Senin, (01/07/2024) pagi.

Kapolda Papua juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh keluarga besar Polri Polda Papua atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan yang telah dilakukan dalam menjaga kedamaian di Tanah Papua.

"Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah, TNI, para tokoh-tokoh, mitra kerja, organisasi masyarakat, dan seluruh masyarakat Papua. Dukungan ini memungkinkan Polri untuk terus melaksanakan tugas dan pengabdian terbaiknya dalam menjaga kedamaian di Tanah Papua," tegasnya lagi.

Di kesempatan itu, Irjen Fakhiri juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergandeng tangan dalam mensukseskan Pilkada Damai Tahun 2024 di Tanah Papua. Polda Papua telah melaksanakan berbagai kegiatan cooling system, termasuk Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di beberapa kabupaten seperti Mimika, Nabire, Kepulauan Yapen, Waropen, Biak Numfor, Jayawijaya, Merauke, dan Jayapura, serta Tabligh Akbar di tiga wilayah, yaitu Biak Numfor, Keerom, dan Kota Jayapura.

"Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, kami berharap dapat menciptakan suasana yang kondusif dan damai dalam pelaksanaan Pilkada 2024. Mari kita semua bergandeng tangan dan bekerja sama untuk mewujudkan Papua yang aman dan sejahtera," ajaknya.



Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 mengusung tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

Perayaan ulang tahun Polri kali ini, Polda Papua menggelar lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Dalam berbagai kegiatan banyak melibatkan masyarakat baik melalui lomba lomba yang digelar, maupun saat pelaksanaan upacara Parade Bhayangkara di Stadion Mandala.

Ketua Panitia, Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika dalam laporannya menyampaikan, tahun ini digelar lebih meriah dan mendapat antusias luar biasa dari masyarakat.

"Tahun ini kita banyak melibatkan masyarakat dalam berbagai lomba yang digelar, dan mereka cukup antusias untuk mengikuti. Ini menandakan kecintaan masyarakat terhadap Polri," ucap Ketut yang juga menjabat sebagai Karo Ops Polda Papua.

Berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat diantaranya kegiatan Debat Hukum, Bakti Sosial seperti bedah rumah, Bakti Kesehatan seperti donor darah dan operasi katarak, lalu bantuan sosial seperti pembagian ribuan sembako kepada masyarakat, lalu aksi penanaman pohon, serta berbagai lomba diantaranya lomba catur, bulutangkis bahkan lomba E-sport (mobile legend).

Di akhir laporannya Kombes Ketut menyerukan rasa bangga  sebagai anggota Polri dan sekaligus anak buah dari Irjen Pol Mathius Fakhiri.

"Kami bangga menjadi anggota Polri dan menjadi anak buah bapak Kapolda," serunya yang disambut riuh tepuk tangan para anggota Polri yang hadir dalam acara syukuran yang digelar di Wisma Atlet Stadion Mandala.**