Transaksi Kopi Papua pada World of Coffee Copenhagen Capai Rp1,45 Miliar

World of Coffee yang diselenggarakan pada tanggal 27-29 Juni 2024 di Copenhagen/Humas BI Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Transaksi kopi Papua pada World of Coffee Copenhagen mencapai Rp1,45 miliar.

World of Coffee yang diselenggarakan pada tanggal 27-29 Juni 2024 di Copenhagen, Denmark ini merupakan ajang pameran perdagangan kopi secara business-to-business (B2B) yang menghubungkan produsen kopi dengan distributor dan/atau konsumen dari seluruh dunia.

Mengusung tema “Nature Refined, Sustainability Defined”, Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan kopi yang menerapkan praktik-praktik berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua menggandeng Highland Roastery yang merupakan anggota Koperasi Produsen Emas Hijau Papua, sekaligus sebagai UMKM mitra Bank Indonesia untuk menunjukkan kualitas dan keunikan kopi Papua. 

Selama 3 (tiga) hari pelaksanaan kegiatan, kopi Papua mendapatkan respon dan feedback yang baik dalam hal cita rasa maupun proses budidayanya.

Cita rasa yang khas dihasilkan dari ketinggian penanaman pada 1.700 meter di atas permukaan laut (MDPL), salah satu altitude penanaman kopi tertinggi di Indonesia sehingga memberikan karakteristik rasa yang unik dan berbeda dibandingkan kopi dari daerah lain.

Selanjutnya, proses budidayanya melalui pelestarian kearifan lokal dengan menggunakan prinsip sustainability (penggunaan bahan-bahan organik) dan inclusiveness (melibatkan seluruh masyarakat adat di daerah penanaman kopi) memiliki daya tarik tersendiri di mata potential buyer.

Kepala KPw BI Papua, Faturachman mengatakan, tingginya minat potential buyer terhadap kopi Papua dibuktikan dengan kesepakatan transaksi dagang (letter of intent) oleh 3 (tiga) potential buyer dari Eropa dan Jepang dengan volume potensi ekspor mencapai 9 ton atau setara Rp1,45 miliar.

"Tiga potential buyer tersebut yaitu, Coffee Beyond Borders dengan volume 2 ton atau senilai Rp300 juta, lalu Coffee Ontosoroh dengan volume 6 ton atau senilai Rp1 miliar dan Stillehavskaffe dengan volume 1 ton atau senilai Rp150 juta," sebut Faturachman.

Kegiatan showcasing dan business matching kopi Papua tersebut juga dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung; Duta Besar Indonesia untuk Denmark, Dewi Savitri Wahab; dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Sten Frimodt Nielsen; serta rombongan pimpinan Bank Indonesia yang bersamaan dengan penyelenggaraan Indonesia Investment Forum (IIF) 2024 “Sustainable Investment in Indonesia: The Danish Way” pada 27 Juni 2024.

"Keikutsertaan kopi Papua pada ajang World of Coffee kali ini juga merupakan bagian dari Road to Festival Kopi Papua yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2024," kata Faturachman.

Sebelumnya, KPw BI Papua bersama dengan Specialty Coffee Association Indonesia (SCAI) dan Rotaryana menginisiasi kegiatan Sensory Bootcamp pada tanggal 19-21 Juni 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan, kompetensi, dan technical skill para pegiat kopi di Papua dalam menghasilkan dan menyajikan kopi berstandar internasional.

Kegiatan ini diikuti seluruh provinsi di tanah Papua kecuali Papua Selatan mulai dari Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah.(rilis)