Tingkatkan Kualitas Pengawasan Tahapan Pemilihan 2024, Panwaslu Kecamatan Ikuti Penguatan Kapasitas

Penguatan kapasitas terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan/Distrik/Istimewa

SARMI,wartaplus.com - Persiapan Bawaslu Kabupaten Sarmi dalam menghadapi tahapan Pemilihan 2024 yakni melakukan penguatan kapasitas terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan/Distrik.

Diantara upaya yang dilakukan oleh Bawaslu Sarmi yakni dengan menggelar kegiatan penguatan kapasitas panwaslu kecamatan/Distrik dengan melibatkan 10 Panwaslu Kecamatan/Distrik se-Kabupaten Sarmi pada Senin (1/7/2024) di Hotel Rivior Sarmi.

Ketua Bawaslu Sarmi, Obet Cawer mengatakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan disetiap pengawasan tahapan pemilihan 2024.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan, penyamaan persepsi, meningkatkan kapasitas, dan kualitas pengawas pemilu, dan pemberian bekal dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban untuk mensukseskan pemilihan 2024," ujar Ober.

Lanjut Pria yang biasa disapa Oca ini bahwa Acara peningkatan kapasitas ini juga dianggap penting sebagai upaya penyegaran bagi anggota Panwas Distrik yang sebelumnya telah terpilih kembali serta penguatan keilmuan bagi anggota baru yang bergabung. 

"Bulan Mei lalu, sebanyak 30 anggota Panwas distrik dilantik di Kabupaten Sarmi, dengan 20 di antaranya adalah anggota baru. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan keilmuan dan pemahaman, baik untuk anggota lama maupun baru, agar kualitas pengawasan tetap terjaga," tegasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten Sarmi, seperti Heriq Ronny Twenty, Kepala Sekretariat Bawaslu Sarmi  Lusiana V. Dekeniap dan Bendahara Bawaslu Sarmi Stenly R. Ibo, sedangkan satu Pimpinan Lainnya Okovina Wanewar sedang menghandiri undangan kegiatan Bawaslu di Jakarta, semuanya memberikan dukungan sesuai dengan tugas dan bidang masing-masing.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dengan mengundang Ketua dan Anggota Panwas Distrik  Sekabupaten Sarmi, Sekretaris Pandis dan 1 orang staf serta menghadirkan narasumber dari KPU Kabupaten Sarmi, Ketua Bawaslu Kabupaten Sarmi Periode 2018-2023 Leon Bunay, Kasat Reskrim Polres Sarmi serta Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Sarmi.