Elie Dalome Ajak Masyarakat Membuktikan Demokrasi di Tanah Papua bisa Berjalan Baik dan Aman

Tokoh Pemuda Suku Amungme Timika, Elie Dolame/istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com – Tokoh Pemuda Suku Amungme, Timika, Elie Dolame meminta kepada seluruh pihak untuk bergandeng tangan menjaga keamanan jelang Pemilukada 2024 mendatang.


“Mari kita sama sama bergandengan tangan seperti keluarga, saudara dan teman. Kita jaga hubungan untuk kedamaian, meskipun pilihan kita berbeda pada Pemilukada nanti,” katanya.

Dia meminta masyarakat lebih paham terkait proses tahapan pilkada nanti, sehingga tidak terpengaruh dengan aksi yang berujung pada gangguan kamtibmas.

“Jangan terprovokasi dengan hasutan ataupun ajakan-ajakan dari oknum yang tidak benar,” harap Eli.

Dia berharap kepada para calon untuk menerima hasil akhir dan mengikuti setiap proses dan tahapan pemilu.

“Mari kita menerima hasil pelaksanaan pemilu dengan apa adanya, tanpa harus mengerahkan masa. Terkait siapa yang benar dan yang melalukan kecurangan biarkan saja itu urusan pribadinya dengan Tuhan,” ujarnya.

Eli juga meminta agar pilkada bisa berjalan penuh damai jangan diwarnai dengan pertumpahan darah demi kepentingan pribadi oknum tertentu.

“ Papua cinta damai, jangan karena kepentingan oknum, ada korban jiwa. Mari kita tunjukan kepada saudara kita di luar Papua, kalau pesta demokrasi di Papua aman dan damai,” imbuhnya.

Perihal aksi kekerasan yang dilakukan kelompok tertentu di beberapa daerah, dia meminta aparat keamanan untuk bertindak tegas .

“Jangan sampai pelaksanaan pilkada berjalan kacau karena ulah kelompok tertentu, kasihan masyarakat tidak bisa menyalurkan haknya kalau ada gangguan seperti yang terjadi di Paniai, banyak masyarakat mengungsi. Pilkada merupakan pintu perubahan bagi kita semua ke arah  yang lebih baik”, pungkasnya.(rilis)