10 Klub Ikuti Freeport Grassroot Tournament 2024 di Jayapura

10 klub Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kabupaten Jayapura mengikuti Freeport Grassroot Tournament (FGT)/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Sebanyak 10 klub atau Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kabupaten Jayapura mengikuti Freeport Grassroot Tournament (FGT) di Lapangan Latih Lukas Enembe, Jayapura, Senin & Selasa (24 & 25 Juni). PT Freeport Indonesia (PTFI) menyelenggarakan kegiatan ini bekerja sama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dengan terselenggaranya turnamen ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir kembali memberikan apresiasi yang tinggi kepada PTFI yang makin memperlihatkan konsistensi dan komitmen mendukung sepak bola nasional. 

"Sebelumnya, PTFI juga terlibat dalam pengembangan talenta-talenta muda terbaik Papua melalui program Papua Football Academy. Dengan adanya turnamen baru ini, maka akan semakin banyak kesempatan yang diperoleh anak-anak Papua untuk bermain sepak bola dengan lebih seru dan lebih menyenangkan. Harapannya jika di akar rumput berjalan baik, maka dampaknya akan positif," ujarnya.

Direktur dan Executive Vice President Sustainable Development PTFI Claus Wamafma mengatakan Freeport Grassroots Tournament merupakan dukungan PT Freeport Indonesia bersama PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) kepada pengembangan sepakbola usia dini di Indonesia. 

“Turnamen ini bertujuan memberikan kesempatan menunjukkan permainan dan mulai menabung pengalaman bertanding kepada anak-anak dalam mengembangkan bakat dan minat pada sepakbola,” katanya. 

Claus berharap ajang ini membuka cakrawala anak-anak Papua untuk mulai melihat sepakbola sebagai cita-cita menjadi pesepakbola profesional di masa yang akan datang. Anak-anak diharapkan dapat bermain dan bertanding dengan gembira. Terpenting, dalam turnamen ini anak￾anak juga mengenal artinya sportifitas, fair play and respect atau saling menghormati sebagai bagian dalam pengembangan karakter terpenting pesepakbola yang handal.

Sebanyak 150 anak-anak kelompok usia 10 sampai dengan 12 tahun mengikuti FGT. Turnamen dirancang dengan panduan FIFA Grassroots Tournament, mengutamakan partisipasi dibandingkan kemenangan, dan para pelatih dapat memainkan semua pemainnya tanpa perlu mengkhawatirkan hasil pertandingan sehingga anak-anak dapat bermain dan bersenangsenang.

Selain di Jayapura, kegiatan FGT ini juga akan dilaksanakan di Gresik, Jawa Timur pada 26—27 Juni mendatang. Para peserta juga mendapatkan sepatu bola yang secara simbolis diserahkan.*