Safari Idul Adha, Kapolda Irjen Fakhiri Serahkan 11 Ekor Sapi Qurban di Kabupaten Jayapura

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyerahkan bantuan sapi qurban secara simbolis di Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (15/06/2024)/Andi Riri

SENTANI, wartaplus.com - Masih dalam rangkaian Safari Idul Adha 1445/Hijriah, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri kembali menyerahkan bantuan sapi qurban ke sejumlah masjid yang ada di wilayah Bumi Kenambay Umbay Kabupaten Jayapura, Sabtu (15/06/2024) sore.

Didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda Papua, Irjen Fakhiri menyerahkan sebanyak 11 ekor sapi qurban secara simbolis di tiga titik yaitu Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Masjid Pasar Lama, dan masjid Kampung Harapan.

Untuk diketahui, sebelumnya, Kapolda bersama Wakapolda Brigjen Pol Patrige Renwarin menghadiri ibadah KKR dalam rangka Pilkada damai 2024 tanah Papua di wilayah adat Meepago (Provinsi Papua Tengah) yakni di Kabupaten Mimika dan Nabire, lalu Wilayah Adat Saireri (Provinsi Papua) di Kabupaten Kepulauan Yapen, Waropen, Biak Numfor dan Supiori.
Kegiatan KKR di setiap Kabupaten ini juga dirangkaikan dengan giat Tabligh aAkbar dan Safari Idul Adha.

"Karena ini berkaitan dengan agenda nasional Pemilukada Serentak 2024, sehingga dalam seminggu ini bekerjasama dengam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua, kami mendatangi semua wilayah untuk melaksanakan ibadah KKR juga tabligh akbar untuk mewujudkan pemilukada yang damai di tanah Papua," ucap Irjen Fakhiri.

Berkaitan dengan bantuan sapi qurban, Irjen Fakhiri berharap, melalui setiap masjid bisa disalurkan langsung ke masyarakat yang membutuhkan.

"Mudah mudahan setiap masjid bisa menerima bantuan dari kami Polda Papua lalu kemudian membagikan ke setiap masyarakat yang berhak mendapatkan. Bukan hanya umat muslim tapi juga yang berasal dari agama lain. Sehingga semua masyarakat bisa menikmati daging qurban," pintanya.

"Saya juga berharap mudah mudahan dalam kegiatan berikutnya yang berkaitan dengan Kamtibmas, Polri minta tolong, masyarakat muslim, bisa segera merespon memberikan bantuan," harapnya.

"Melalui kegiatan seperti ini, kita bisa bersama sama, bergandengan tangan bersama umat lainnya, sehingga saya meyakini, Insya Allah Papua yang tadinya dianggap menakutkan, suasananya bisa berubah menyejukkan," harapnya lagi.

Pengurus Masjid Al Aqsha, Ichdar Tolat yang juga mewakili setiap masjid menyampaikan terima kasih kepada Polda Papua terkhusus Kapolda Irjen Fakhiri atas bantuan sapi qurban.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga atas bantuan yang diberikan. Kami sangat bersyukur, karena ini salah satu gerakan sosial dimana sejumlah masjid menerima," ucapnya.

Ia berharap semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kami hanya bisa berdoa semoga bapak Kapolda dan jajaran selalu diberikan kesehatan, kesuksesan dalam menjalankan tugas,"ucapnya lagi.

Ichdar kembali berharap semoga bantuan ini bisa terus berlanjut. "Kita berharap bantuan qurban ini bisa terus berlanjut di masa masa akan datang," harapnya.

Selain menyerahkan simbolis sapi qurban, Kapolda Irjen Fakhiri juga menyerahkan bantuan sajadah arab kepada jamaah masjid.**