Diisukan Bakal Ikut Kontestasi Pilkada Gubernur Papua, Ini Jawaban Irjen Fakhiri

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Irjen Pol Mathius D. Fachiri memberikan tanggapan terkait isu yang beredar di masyarakat bahwasanya dirinya akan ikut dalam kontestasi Pilkada Gubernur Papua tahun 2024.

Ditemui wartawan di Jayapura, Sabtu (01/06/2024), Irjen Fakhiri menegaskan jika dirinya saat ini masih menjabat sebagai Kapolda Papua. Namun ia tak menolak, jika masyarakat membutuhkannya untuk memimpin Papua.

"Secara pribadi, kalau masyarakat Papua membutuhkan saya hadir untuk memimpin Papua, tentunya sebagai putra asli Papua, saya akan siap mengambil tanggung jawab itu. Tetapi sekarang saya masih Kapolda Papua yang ditugaskan untuk pengamanan Pilkada, karena ini penting," tegasnya.

Ia berharap Pilkada di Papua ini bisa aman sama seperti Pemilu Presiden dan Legislatif di waktu lalu. Meski ada gejolak di sejumlah wilayah, namun secara umum wilayah hukum Polda Papua aman.

"Kepada kontestan yang akan maju, mari kita jaga integritas moral kita, tidak perlu menghasut sana sini, kita kembali ke masing-masing basic untuk mempersiapkan diri bertanding dalam kontestasi Pemilu kepala daerah," imbaunya.

"Sesama anak Papua, tidak boleh saling menjatuhkan dan membunuh karakter, jadi silahkan saja jalan," tegasnya.

Sementara itu kepada masyarakat, Irjen Fakhiri mengimbau untuk tidak membuat kegaduhan, karena kalau terjadi kegaduhan aparat Kepolisian akan dibantu TNI untuk mengambil langkah-langkah tegas dalam melakukan penanganan, sehingga pemilu kepala daerah ini bisa berjalan aman dan lancar.

"Mari kita bergandeng tangan dalam perbedaan, untuk membangun Papua yang lebih maju dan sejahtera lebih dari yang sebelumnya," ajaknya.**