Aparat Keamanan TNI Polri Tembak Mati Satu Anggota KKB Pelaku Penembakan dan Pembakaran di Paniai

Basoka Lawiya alias Masyarakat Kogoya yang merupakan ajudan piimpinan KKB, Undius Kogoya/Humas DC 2024

JAYAPURA, wartaplus.com - Merespon aksi penembakan dan pembakaran gedung sekolah dan kios di Kepas Kopo, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, aparat keamanan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil menembak mati satu pelaku yang merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Basoka Lawiya alias Masyarakat Kogoya, Selasa  (22/05/2024).

Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, saat dikonfirmasi, Kamis (23/05/2024) mengatakan, Basoka Lawiya adalah ajudan dari pimpinan KKB wilayah Paniai, Undius Kogoya.

Faizal menjelaskan, pasca penembakan dan pembakaran, pihaknya bersama aparat gabungan TNI Polri langsung melakukan pengejaran terhadap para pelaku.

"Kami merespon aksi KKB tersebut dengan melakukan pengejaran dan tembakan balasan ke arah KKB. setelah dilakukan penyisiran, ditemukan satu jenazah anggota KKB atas nama Basoka Lawiya alias Masyarakat Kogoya yang perannya adalah sebagai ajudan pimpinan KKB Undius Kogoya," beber Faizal.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Dr. Bayu Suseno menambahkan, dari lokasi penemuan jenazah anggota KKB, juga ditemukan barang bukti berupa 1 Magazine, 1 Teleskop dan 3 unit Handphone.

“Perlu diketahui bahwa, Kelompok KKB Pimpinan Undius Kogoya merupakan Kelompok KKB dari wilayah Intan Jaya yang beberapa waktu lalu dan hingga saat ini melakukan aksi gangguan keamanan di Kabupaten Paniai,” terang Bayu.

Lanjut katanya, saat ini aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz terus berjaga-jaga untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat di Kabupaten Paniai.**